Simpati Palestina, Kelompok Gereja Amerika Boikot Produk Israel

Internasional / 3 July 2015

Kalangan Sendiri

Simpati Palestina, Kelompok Gereja Amerika Boikot Produk Israel

daniel.tanamal Official Writer
3905
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Sebuah kelompok gereja di Amerika Serikat (AS) telah membuat gerakan boikot untuk seluruh produk-produk Israel sebagai bentuk simpati dan dukungan terhadap Palestina. Perkumpulan gereja protestan di AS, United Church of Christ, telah mengambil langkah tersebut setelah sebelumnya digelar pemungutan suara.

Pemungutan suara itu menghasilkan data bahwa dari 670 anggota kelompok tersebut, 508 diantaranya setuju untuk memboikot produk-produk Israel, sedangan hanya 124 yang menolak. Sementara itu, sisanya abstain. Namun, pemungutan suara yang digelar pada pertemuan ke-30 yang berlangsung di Kota Cleveland itu gagal untuk memutuskan bahwa Israel telah melakukan tindakan pemusnahan etnis di Palestina.

“Untuk warga Palestina yang tinggal di bawah pendudukan atau mereka yang mendapatkan diskriminasi sistematis sebagai warga negara Israel, tindakan ini mengirim sinyal kuat bahwa mereka tidak berjuang sendirian. Ada perkumpulan gereja yang masih berani berbicara tentang kebenaran dan mendukung mereka yang tertindas,” ujar Mitri Raheb, seorang Pendeta dari Gereja Lutheran Evangelical di Yordania dan Yerusalem

Raheb, sengaja datang ke Kota Cleveland untuk menghadiri pertemuan itu. Ia mengatakan, tindakan yang diambil kelompok gereja ini adalah bukti bahwa Palestina tidak berjuang sendirian. Dirinya berharap, hal ini juga mampu memberikan tekanan kepada Israel.

Seperti diketahui, di AS saat ini mengalir berbagai kelompok yang mendukung negara Palestina. Dukungan itu mengalir dari kelompok-kelompok non-Muslim, seperti beberapa kelompok gereja di AS. United Church of Christ adalah salah satunya.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami