4 Tipe Manusia Saat Berhadapan dengan Tekanan Hidup
Sumber: Google

Kata Alkitab / 18 May 2015

Kalangan Sendiri

4 Tipe Manusia Saat Berhadapan dengan Tekanan Hidup

Theresia Karo Karo Official Writer
15649
Hidup memang tidak lepas dari berbagai tekanan. Lebih-lebih hidup di alam modern ini yang menyuguhkan beragam risiko. Sampai seorang sosiolog Ulrich Beck menamai zaman kontemporer ini dengan sebutan masyarakat risiko (risk society). Alam modern menyuguhkan perubahan yang cepat dan tidak jarang mengagetkan.

“Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk tumbuh" (John Gray). Tekanan itu sesungguhnya membentuk watak, karakter, dan sekaligus menentukan bagaimana orang bereaksi di kemudian hari. Ada empat tipe manusia yang dapat menggambarkan kepribadiannya, terlihat melalui sikapnya dalam menghadapi berbagai tekanan tersebut.

Tipe kayu rapuh
Sedikit tekanan saja membuat manusia ini patah arang. Orang seperti ini dalam kesehariannya terlihat bagus. Tapi sebenarnya di dalam hatinya ia sangat rapuh. Sedikit saja kesulitan menjumpainya, orang ini langsung mengeluh, merasa tidak berdaya, menangis, minta dikasihani atau minta bantuan. Orang dengan tipe ini perlu berlatih untuk berpikir positif dan berani menghadapi kenyataan hidup.

Majalah Time pernah menyajikan topik "Generasi Kepompong" (cacoon generation). Time mengambil contoh di Jepang, di mana banyak orang menjadi sangat lembek karena tidak terbiasa menghadapi kesulitan. Menghadapi orang seperti ini, kadang kita harus lebih berani untuk tega. Sesekali mereka perlu belajar dan dilatih untuk menghadapi kesulitan. Posisikan diri kita sebagai pendamping mereka.

Tipe lempeng besi
Orang dengan tipe ini biasanya mampu bertahan dalam tekanan di awalnya. Namun seperti layaknya besi, ketika situasi yang menekan itu semakin besar dan kompleks, besi mulai bengkok dan tidak stabil. Demikian pula orang-orang dengan tipe ini. Mereka mampu menghadapi tekanan, tetapi tidak dalam kondisi yang berlarut-larut.

Tambahan tekanan sedikit saja membuat mereka menyerah dan putus asa. Untungnya orang tipe ini masih mau mencoba bertahan sebelum akhirnya menyerah. Tipe lempeng besi memang masih belum terlatih. Tapi, kalau mau berusaha, orang ini akan mampu membangun kesuksesan dalam hidupnya.

Tipe kapas
Tipe ini cukup lentur dalam menghadapi tekanan. Saat tekanan tiba, orang dengan tipe ini mampu bersikap fleksibel. Cobalah kita menekan sebongkah kapas. Bentuknya yang lembut akan mengikuti tekanan yang terjadi. Kapas mampu menyesuaikan diri saat terjadi tekanan. Tapi, setelah berlalu, dengan cepat dia kembali pada keadaannya yang semula. Sehingga bisa segera melupakan masa lalu dan mulai kembali ke titik awal untuk memulai lagi.

Tipe bola pingpong
Inilah tipe yang ideal dan terhebat. Jangan sekali-kali menyuguhkan tekanan pada orang-orang ini, karena tekanan justru akan membuat mereka bekerja lebih giat, lebih termotivasi, dan lebih kreatif. Coba perhatikan bola pingpong. Saat ditekan justru akan memantul ke atas dengan lebih dahsyat.

Sama seperti kisah hidup salah satu motivator dunia, Anthony Robbins. Dalam salah satu biografinya dikatakan bahwa, usaha untuk memotivasi diri adalah dengan sengaja membeli sebuah bangunan mewah sementara uangnya tidak memadai. Akan tetapi, justru tekanan keuangan inilah yang membuat dirinya semakin kreatif dan tertantang mencapai tingkat finansial yang diharapkannya.

Contoh lain adalah novelis dunia Fyodor Mikhailovich Dostoevsky. Pada musim dingin dia meringkuk di dalam penjara dengan deraan angin dingin, lantai penuh kotoran, dan mengalami kerja paksa setiap hari. Dalam penjara, fisik Dostoevsky sudah menyerupai ikan herring dalam kaleng. Meskipun begitu, Siberia yang beku tidak berhasil membungkam kreativitasnya. Karena dari sana dia melahirkan karya tulis terbesarnya, seperti “The Double” dan “Notes of The Dead”. Dostoevsky menjadi sastrawan dunia.

Kedua orang ini hanyalah sebagian kecil dari manusia yang berhasil mengatasi tekanan dalam hidupnya. Yang penting sekarang adalah diri kita. Saat kita menghadapi kesulitan, seperti apakah diri kita? Bagaimana reaksi kita?

Tidak menjadi persoalan dimana kita saat ini. Tetapi yang penting bergeraklah dari level tipe kayu rapuh ke tipe selanjutnya. Hingga akhirnya bangun mental hingga ke level bola pingpong. Saat itulah kesulitan dan tantangan tidak lagi menjadi sesuatu yang perlu dicemaskan. Jadi saat ini, anda termasuk tipe manusia yang mana?

Sumber : Anthony Dio Martin/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami