Meraup Untung dari Usaha Garage Sale
Sumber: Ciputraentrepreneurship.com

Entrepreneurship / 20 April 2015

Kalangan Sendiri

Meraup Untung dari Usaha Garage Sale

Lori Official Writer
5027
Garage Sale berkaitan dengan usaha penjualan barang baru, bekas atau semi-baru. Biasanya dilakukan secara informal, santai dan kekeluargaan, tetapi jika dikelola dengan baik bisa jadi akan menghasilkan keuntungan yang lumayan.    

Usaha ini tak butuh modal usaha besar sebab Anda bisa mendapatkan barang-barang dengan harga miring, baik dari orang terdekat atau mitra kerja Anda.

Adapun usaha garage sale sukses dan meraup keuntungan besar bisa dilakukan dengan tips ini:

1. Buka kerjasama dengan orang lain

Ini adalah salah satu kunci untuk meminimalisir modal usaha. Untuk mendapatkan barang-barang bekas yang akan dijual, Anda bisa membuka event garage sale berkali-kali, dengan membuka penitipan barang-barang bekas dari orang lain. Dalam artian, Anda bertindak sebagai event organizer yang bekerja sama dengan penyedia barang bekas. Dan setelah barang terkumpul dalam jumlah yang besar, nantinya keuntungan tertentu bisa Anda dapatkan sesuai dengan harga yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

2. Promosi seluas-luasnya

Usaha ini akan sukses bila Anda rajin menyebarkan informasi seluas-luasnya. Buat sebuah brosur yang menarik dan sebarkan di berbagai tempat. Gunakan teknik-teknik promosi yang tepat untuk meminimalisir biaya.

3. Manfaatkan media online

Anda bisa memanfaatkan media online untuk mempromosikan garage sale Anda. Postinglah iklan garage sale yang menarik di Facebook, Twitter atau blog. Atau bahkan bisa menumpang iklan info di situs jual beli yang tersedia. Dengan terhubung dengan banyak orang, Anda bisa berkesempatan memperkenalkan usaha tersebut kepada banyak orang.

4. Jujur Pada Produk Anda

Tak mudah memang menawarkan barang bekas kepada orang lain. Namun dengan meyakinkan konsumen akan kondisi produk Anda, rasa percaya bisa saja terbangun. Hindari tindakan yang membuat konsumen Anda kecewa. Sebab sekali mereka merasa kecewa, maka hal itu akan berkenaan dengan masa depan dan nama baik usaha Anda.

5. Memasang harga yang realistis

Akan sulit rasanya menjajakan barang bekas bila nyatanya harga yang Anda tetapkan jauh melebihi barang baru yang kondisinya jauh lebih baik. Dari itu, bersikap realistislah dalam menentukan harga untuk setiap potongan barang bekas yang akan Anda jajakan.

Misalnya, sepotong gaun dengan kondisi yang masih baik akan lebih masuk akan bila dipatok harga setengahnya dari harga pertama kali dibeli.

6. Tetap sediakan stok barang

Bila Anda benar-benar serius menjalankan bisnis ini, jangan biarkan Anda kehabisan produk untuk dijual. Memang akan sedikit sulit mengumpulkan barang-barang bekas yang masih dalam kondisi baik sehingga Anda perlu menjalin kerja sama dengan banyak orang atau rekan-rekan terdekat sebagai pemasok barang bekas yang akan Anda perdagangkan.

Jangan ragu memulia usaha ini bila Anda benar-benar menyadari memiliki banyak barang bekas yang tak lagi digunakan. Tanpa disangka usaha ini justru bisa memberi banyak keuntungan.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami