Rupiah Jatuh, Jokowi: Ekonomi Kita akan Baik
Sumber: Tempo.co

Nasional / 12 March 2015

Kalangan Sendiri

Rupiah Jatuh, Jokowi: Ekonomi Kita akan Baik

daniel.tanamal Official Writer
4030
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dirinya tak khawatir atas jatuhnya nilai rupiah terhadap dollar AS sudah melebihi angka Rp13 ribu. Menurutnya pemerintah yakin pelemahan rupiah tidak banyak berpengaruh.

"Pemerintah, sekali lagi saya sampaikan, bahwa pengalihan subsidi BBM itu memberikan ruang fiskal lebih baik untuk APBN kita," ujar Presiden Joko Widodo usai membuka Gerakan Kewirausahaan Nasional 2015 di Jakarta Convention Center, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2015).

Menurut Jokowi, besarnya ruang fiskal yang tak memadai memungkinkan pemerintah merealisasikan program pembangunan infrastuktur yang dibiayai APBN sebesar Rp290 triliun. Infrastuktur ini akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. "Ekonomi ke depan akan didukung oleh bangunan infrastruktur. Di beberapa tempat sudah dimulai," jelas dia.

Jokowi menjelaskan, pelemahan rupiah tak memengaruhi indeks harga saham gabungan dan pasar obligasi. Keduanya masih berjalan dengan baik. "Artinya, kekhawatiran itu kalau lihat poin-poin tadi (ruang fiskal tak terganggu dan pembangunan infrastruktur) orang baca kan beda, bahwa fundamental ekonomi kita bisa baik," tegas Jokowi.



Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami