Starbucks Jadi Perusahaan Kopi Paling Terkenal Sedunia

Nasional / 2 March 2015

Kalangan Sendiri

Starbucks Jadi Perusahaan Kopi Paling Terkenal Sedunia

daniel.tanamal Official Writer
7260
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Gerai kopi asal Amerika Serikat, Starbucks Coffee Company saat ini boleh berbangga diri, karena mereka duduk di posisi lima perusahaan terbaik di dunia menurut Worlds Most Admired Companies 2015 versi Fortune, yang berarti mereka sebagai perusahaan kopi paling terkenal di dunia.

Peringkat ini didapat setelah perusahaan tersebut memperoleh angka sempurna pada delapan kategori, yaitu aspek inovasi, manajemen karyawan, pengelolaan keuangan, kualitas pelayanan, nilai investasi jangka panjang, tanggung jawab sosial, penggunaan aset perusahaan, dan tanggung jawab sosial.

Starbucks didirikan oleh Jerry Baldwin, Zev Siegl, dan Gordon Bowker pada 1971. Namun di 1987, para pemilik asli tersebut menjual Starbucks kepada Howard Schultz. Schultz memulai kepemimpinan dengan hanya bermodal enam gerai. Namun di akhir tahun, dia berhasil mengembangkan Starbucks hingga memiliki 11 gerai dan 100 partner di Amerika Serikat.

Starbucks Corporation selain terkenal dengan kualitas kopinya, juga dikenal dengan pelayanan konsumen dan perusahaan dengan biaya yang tinggi. Perusahaan ini membangun sebuah lingkungan bisnis dengan mensosialisasikan ke konsumen sebuah produk melalui harga yang sesuai produk.

Selain itu, Starbucks juga memperhatikan kepuasan dari para karyawan. Menurut sejumlah laporan, tingkat pergantian pegawai Starbucks lebih rendah 120 persen dibanding tingkat rata-rata dalam industri tersebut. Menurut Hewitt Associates Starbucks Partner View Survey, tingkat kepuasan kerja karyawan Starbucks mencapai 82 persen. Hingga saat ini gerainya tercatat lebih dari 17.651 hingga 2012 yang tersebar di berbagai negara.

 


<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami