Inilah Rahasia Kunci Bahagia Sejati itu

Kata Alkitab / 17 December 2014

Kalangan Sendiri

Inilah Rahasia Kunci Bahagia Sejati itu

bagusp Official Writer
7337
Pengkhotbah 8:12

“Walaupun orang berdosa dan yang berbuat jahat seratus kali hidup lama, namun aku tahu, bahwa orang yang takut akan Allah akan beroleh kebahagiaan, sebab mereka takut terhadap hadirat-Nya.

Walaupun banyak orang yang ingin memiliki kebahagiaan dalam kehidupannya tidak bisa memilikinya karena tidak mengerti arti sesungguhnya dari kebahagiaan itu sendiri. Banyak yang mengira kebahagiaan adalah perasaan yang kita dapatkan ketika semua kondisi kehidupan kita dalam keadaan baik.

Pada kenyataanya kebahagiaan bisa hadir dimanapun, kapanpun, bersama siapapun dan dalam berbagai keadaan. Tapi pertanyaan terbesarnya adalah apa kita mau menghadirkan kebahagiaan itu ? Karena kebahagiaan adalah pilihan yang kita buat. Sebagai contoh nyata yang bisa kita ambil adalah salah satu sahabat kita mendapatkan promosi jabatan yang selama ini kita inginkan, apakah kalian memilih untuk berbahagia atau kalian memilih untuk iri, bersedih atau mempertanyakan kepada Tuhan mengapa ini terjadi ? Padahal disatu sisi dia adalah sahabatmu selama ini.

Berat juga sih jika diperhadapkan dalam keadaan seperti itu karena ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk bisa memiliki kebahagiaan, yaitu:

1.     Hidup benar

Tuhan selalu rindu menghadirkan kebahagiaan di dalam kehidupan kita termasuk kebahagiaan saat di dunia dan di surga. Kebahagiaan di surga ? Yups.. Kebahagiaan yang akan kita miliki ketika kita kembali kepada-Nya, ingat Tuhan sudah membayar sangat mahal untuk kita bisa memperoleh kebahagiaan tersebut Tuhan sampai melakukan tindakan yang ektrim dengan datang ke dalam dunia untuk menebus dosa kita semua. Lalu bagaimana dengan rasa kebahagiaan yang bisa kita miliki saat berada di dunia ?

Pola pikir kita sudah sedikit teracuni dengan pola pikir dunia yang hanya menganggap kebahagiaan akan dimiliki jika kita memiliki hal-hal yang bersifat dunia, seperti kekayaan. Perkara yang sangat mudah bagi Tuhan untuk menghadirkan kekayaan, kesuksesan dan sebagainya, tapi bukan kebahagiaan semu seperti itu yang Tuhan ingin berikan. Semua ada proses sehingga ketika memperoleh hal-hal seperti itu kita benar-benar merasakan kebahagiaan yang berbeda dengan kebahagiaan orang dunia miliki, yaitu kebahagiaan yang dipenuhi sukacita surgawi. Karena seperti yang kita lihat banyak orang-orang kaya, artis-artis terkenal, pengusaha-pengusaha sukses yang mengakhiri kehidupan mereka dengan cara bunuh diri. Jadi kebahagiaan itu tidak hanya berbicara memiliki hal-hal dunia tapi berbicara tentang damai sejahtera dan apa yang ada di dalam htimu.

Sehingga sangat penting bagi kita untuk hidup benar dihadapan Tuhan, memang terdengar mudah dengan kata-kata tersebut namun pada kenyataanya sangat sulit mempraktekannya. Kita perlu meminta tuntunan Tuhan untuk hidup benar dihadapan-Nya. Saya sangat yakin ketika kita hidup benar Tuhan akan memproses kita untuk mencapai kebahagiaan yang sejati.

Yesaya 48:18

“Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan teru berlimpah-limpah seperti gelombanggelombang laut yang tidak pernah berhenti.

 

2.    Tidak Membandingkan kehidupan kita dengan orang lain

Seseorang yang berbahagia bukan karena memiliki banyak hal, tetapi karena kita tidak membandingkan apa yang kita miliki dengan milik orang lain. Takaran berkat atau kondisi yang baik dari setiap orang tentu tidak sama, alangkah baiknya jika kita tidak membandingkannya karena ketika kita membandingkan kehidupan kita hanya akan timbul rasa tidak bersyukur, iri hati bahkan bersungut-sungut serta mempersalahkan orang lain dengan apa yang terjadi dalam kehidupan kita.

Mazmur 105:1

“Bersyukurlah kepada Tuhan, serukanlah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!”

Tentu rasa ini bukanlah hal yang dipandang baik oleh Tuhan, kita perlu mengingat jika memang kita tidak bisa sehebat, sekaya, sepintar orang lain pasti Tuhan memberikan sesuatu yang tidak dimiliki mereka dan sekali lagi apa yang Tuhan ingin berikan tidaklah bersifat semu, Dia ingin menghadrikan kebahagiaan yang mempunyai kualitas surgawi. Jika rasa-rasa tidak baik mulai bermunculan dalam hati kita perlu berusahalah untuk mencari point-point yang bisa membuat kita begitu bersyukur dengan kehidupan ini.

Yakobus 5:9

“Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri diambang pintu.”

 

Mari kita berbahagia dengan apa yang sudah kita miliki, jangan melihat kebahagiaan dari sisi dunia saja tapi lihatlah dari sisi yang Tuhan mau. Jika sekarang hatimu sedang bersedih, bimbang,khawatir akan sesuatu atau sedang merasakan kemarahan, iri hati dengan keadaan disekitamu, mari datang kepada Tuhan meminta ampun untuk segala perasaan tidak baik tersebut. Hal yang perlu diingat kebahagiaan akan hadir jika kita mengizinkan kebahagiaan itu hadir dalam hati kita, percayalah Tuhan selalu memberikan yang terbaik. Berbahagialah karena kita memiliki Allah yang sangat luar biasa dan sangat mengasihi kita. Tuhan Yesus memberkati

                                                                ***                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Halaman :
1

Ikuti Kami