8 Kebiasaan Aneh Akibat Gangguan Tidur
Sumber: Mercyhealthsystem.org

Psikologi / 12 November 2014

Kalangan Sendiri

8 Kebiasaan Aneh Akibat Gangguan Tidur

Lori Official Writer
5700
Meski suasana malam sangat menarik minat untuk tidur, lengkap dengan kasur empuk, bantal, seprei yang lembut dan suhu ruangan yang pas, namun seseorang tampaknya bisa saja mengalami gangguan tidur. Seseorang bisa saja terbangun di tengah malam dan akhirnya mengalami pagi yang buruk seperti kurang stamina, mood yang buruk dan pikiran yang tak fokus. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada sistem imun sehingga tubuh mudah terserang virus, sakit jantung dan kanker.

Untuk itu, perlu diketahui beberapa kebiasaan aneh akibat gangguan tidur ini:

#1 Tidur hingga 14 jam

Indikasi: Kurangnya hormon tiroid dalam tubuh. Tubuh membutuhkan rata-rata tidur 7-8 jam per hari. Bila seseorang mengalami tidur lebih dari jam ini maka diindikasikan sebagai gejala hipertiroid (kelebihan hormon tiroid). Kebiasaan ini justru akan menyebabkan peningkatan berat badan dan kelelahan.

#2 Merasa lelah sehabis bangun pagi

Indikasi gejala depresi dan sleep apnea (kesulitan bernapas). Anda sudah mendapat waktu tidur yang cukup, tapi tetap merasa ngantuk saat bangun. Kondisi ini menandai bahwa Anda tengah mengalami depresi dan sleep apnea. Sleep apnea atau kesulitan bernapas berulang kali ketika sedang tidur dan biasanya akan tak sadar walaupun setelah bangun. Begitu pula saat mengalami depresi, ketika bangun pagi tubuh tidak akan terasa lelah dan letih akibat kondisi pikiran dan mood yang tidak menentu.

#3 Bangun terlalu subuh

Indikasi: gangguan irama circadian (jam dalam tubuh). Dengan terganggunya ritme circadian pada tubuh, seseorang akan mengalami gangguan gastrointestinal, gangguan pola tidur dan gangguan kesehatan lainnya.

#4 Tak bisa tidur tanpa menonton TV larut malam

Indikasi: diserang perasaan cemas. Televisi memang membantu menangkis perasaan dan mengkompensasikan kekhawatiran atau rasa cemas. Namun, faktanya Cahaya televisi mampu meningkatkan hormon stress, sehingga para ahli menyarankan agar lebih baik membaca atau mendengar musik sebelum tidur.

#5 Bangun dan tak dapat tidur kembali

Indikasi: gangguan neurologis. Pada tengah malam seseorang dapat tiba-tiba terbangun dan merasakan sakit di bagian kaki. Gangguan itu terjadi akibat kelainan pada dopamin. Saat sakit menyerang rasa kantuk akan hilang seketika dan mengganggu tidur.

#6 Tidur sambil berjalan di tengah malam  

Indikasi: Parasomnia dan gangguan perilaku. Seseorang yang menderita gangguan tidur ini memiliki perilaku yang aneh, seperti berjalan tidur sembari makan kemudian kembali ke tempat tidur tanpa menyadari apa yang mereka lakukan.

#7 Kerap ke kamar mandi

Indikasi: Diabetes. Tidur terganggu karena harus ke kamar mandi berulang kali menandakan bahwa seseorang terserang gejala diabetes. Sering buang air kecil adalah gejala awal dari efek gula darah yang tinggi dalam tubuh. Sehingga ginjal bekerja ekstra sepanjang malam dengan membuang kelebihan gula lewat urin.

#8 Gelisah sepanjang malam

Indikasi: Hormon tiroid yang terlalu aktif. TAk hanya insomnia, rasa gelisah akibat produksi hormon tiroid yang terlalu aktif juga menjadi gangguan tidur yang sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Kondisi ini berdampak pada kacaunya metabolisme tubuh dan menyebabkan penurunan berat badan yang sangat drastis.

Sumber : Prevention.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami