Jika Ayah Juga Berperan Mengasuh, Ini Manfaat Untuk Anak
Sumber: lifestyle.okezone.com

Parenting / 21 October 2014

Kalangan Sendiri

Jika Ayah Juga Berperan Mengasuh, Ini Manfaat Untuk Anak

Lois Official Writer
3759
Biasanya ayah sibuk bekerja, jadi pengasuhan kebanyakan dibebankan kepada sang ibu. Tapi sesungguhnya, anak membutuhkan peran dari keduanya. Jika salah satunya tidak berjalan, maka prosesnya tidak akan berjalan dengan matang. Menurut direktur Attachment Research Center Unit dari University College London, Inggris, keterlibatan ayah yang lebih sering dalam pengasuhan anak membuat kepribadian anak berkembang lebih positif di masa depan. Beberapa nilai yang dia pelajari yaitu :

Anak Lebih Mandiri
Dampingi terus anak ketika bermain, namun harus lebih banyak melihat dari jauh saja. Karena memang ayah harus ada bagi sang anak, namun biarkan mereka menyelesaikan masalah mereka sendiri. Jika ada hal genting, seperti terjatuh atau kesulitan melakukan sesuatu, barulah ayah dapat turut membantu.

Berani Ambil Keputusan
Berbeda dengan wanita, laki-laki lebih cepat mengambil keputusan. Karena itu, seorang ayah dapat membantu anaknya cepat mengambil keputusan sehingga anak-anak berani mengambil setiap keputusan yang diperlukan dan hal itu membantunya saat dewasa nanti.

Memandang Masalah Lebih Global
Seorang ibu melihat segala sesuatu dengan lebih detail, sementara sang ayah justru melihat masalah dari sudut pandang yang lebih luas. Ketika makan, ibu harus menyiapkan sendok, garpu dan pisau. Tapi seorang ayah hanya dengan tangan saja bisa menyantap makanan.

Lebih Periang
Sosok ayah yang ada saat masa pertumbuhan anak membuat anak lebih berani untuk mengutarakan pendapat, aktif bergerak, dan juga lebih spontan dalam bertindak. Hal ini dikarenakan melihat tingkah laku ayah yang bertindak sebagai kepala keluarga. Sifat-sifat ini pada akhirnya membuat anak menjadi pribadi yang terbuka dan menyenangkan.

Ayah Sebagai Tolak Ukur
Anak biasanya menjadikan ayah sebagai tolak ukur dalam melihat orang lain dan dirinya. Jika seorang anak perempuan melihat ayahnya menghargai ibunya, maka dia akan mencari lelaki yang dia lihat dari ayahnya saat dewasa nanti. Jika dia anak laki-laki, maka dia akan tumbuh dengan pemahaman bahwa laki-laki adalah sosok yang harus menghargai lawan jenisnya seperti yang dilakukan ayahnya.

Jadi ayah memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sang anak. Kehadiran ayah di dalam hidup mereka sangat berpengaruh, sama berpengaruhnya seperti peran ibu. Jadi, peran keduanya diperlukan agar anak menjadi orang dewasa yang mandiri, sehat rohani, dan matang.
Sumber : ayahbunda.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami