5 Cara Atur Uang Untuk Sebuah Mimpi
Sumber: jawaban.com

Investment / 19 September 2014

Kalangan Sendiri

5 Cara Atur Uang Untuk Sebuah Mimpi

Lois Official Writer
3086
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Meraih impian tentu memerlukan modal. Misalnya saja, impian Anda mempunyai rumah yang layak bagi keluarga kecil Anda. Maka, Anda perlu uang untuk membeli rumah tersebut. Anda ingin punya usaha juga memerlukan modal. Ingin jalan-jalan keliling dunia pun butuh modal. Agar impian bisa tercapai, Anda perlu mengatur bagaimana mengelola keuangan Anda agar tidak habis begitu saja. Ini 5 tips yang bisa dipakai untuk mengatur keuangan Anda tersebut :

Prioritaskan Kebutuhan Utama

Urutkan daftar impian Anda ataupun keluarga dari impian yang paling ingin diwujudkan terlebih dahulu sampai impian yang bisa diwujudkan jika punya uang lebih. Tidak hanya itu, buatlah target kapan impian itu kira-kira bisa direalisasikan.

Buat Anggaran Khusus

Buatlah anggaran khusus untuk berbagai macam biaya bulanan seperti listrik, air, gas, ataupun gaji pembantu. Anggaran-anggaran ini akan membuat Anda tahu kapasitas berapa anggaran yang bisa disisihkan untuk mewujudkan impian Anda.

Disiplin

Hindari godaan yang membuat pengeluaran Anda lebih besar daripada yang semestinya Anda belanjakan. Utamakan yang utama. Menabunglah lebih banyak dan sedikit mengeluarkan uang. Ini perlu kedisiplinan.

Dana Darurat

Dana ini dipakai untuk keperluan mendesak yang terjadi di luar dugaan. Dana ini diperlukan agar tabungan Anda untuk mewujudkan impian nanti terpakai karena kejadian tak terduga.

Asuransi

Dana darurat yang Anda tabung, mungkin tidak seberapa. Karena itu, asuransi diperlukan untuk membiayai biaya pengobatan ketika sakit, yang terkadang jumlah pengeluarannya memang mengejutkan. Anda tidak ingin bukan dana simpanan untuk mewujudkan impian Anda habis? Yang penting di sini adalah berjaga-jaga dan meminimalkan resiko sampai menjual rumah ataupun mobil karena sakit.

Untuk meraih impian, diperlukan kemauan, usaha, dan juga kecerdasan. Pastikan bahwa uang yang Anda tabung untuk mewujudkan impian, benar-benar digunakan untuk impian dan bukannya hal-hal lain yang biasanya menyita uang tersebut. Selamat mewujudkan impian.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami