Share this article :

Tips Mencegah Kakak Cemburu pada Adiknya

 Thu June 6th, 2013
 2368

Kelahiran adik baru, kadang memicu timbulnya sikap cemburu kakaknya (sibling rivalry). Apalagi untuk anak yang dalam waktu lama menjadi anak tunggal, kehadiran adiknya akan membuat ia merasa tersaingi karena ayah ibunya harus membagi perhatiannya.

Berbagai bentuk kecemburuan dapat diekspresikan si kakak, misalnya: mengganggu adik yang sedang tidur, rewel atau merusak mainan dirinya sendiri. Bahkan protes tak terduga bisa benar-benar terlontar dari bibir si sulung ketika ia melihat ibunya bermain-main dengan sang adik, "Mama sekarang lebih sayang adik daripada aku!"

Untuk menghindari dan mengatasi kecemburuan kakak terhadap adiknya, berikut ini tips yang bisa anda praktikkan sehari-hari.

Hal-hal yang harus dilakukan

1.  Ajak si kakak ikut mempersiapkan kelahiran sang adik. Pada saat hamil, ibu dapat memberitahu si kakak bahwa sebentar lagi ia akan mendapat seorang adik yang kelak dapat diajaknya bermain, sekaligus perlu dilindungi. Selain itu, libatkan si kakak katika anda dan pasangan mempersiapkan kamar tidur, kebutuhan mandi dan bahkan baju-baju sang buah hati yang baru.

2.  Setelah sang adik lahir libatkan si kakak untuk bertanggung jawab pada adiknya seperti mengambilkan popok atau bedak sang adik,menunggui, melucu dan sebagainya. Ucapkan terimakasih setelah Anda dibantu si kakak. Dengan melakukan hal ini, anak yang lebih tua bakal merasa dihargai dan ia pun bakal terdorong untuk terus bersikap baik terhadap adinya.

3.  Berikan kesempatan pada si kakak untuk dapat berinteraksi dengan adiknya. Ketika adiknya menangis karena terjatuh, beri pujian pada saat ia menghibur adiknya yang menangis.

4.  Sesekali ciptakan waktu khusus untuk berdua saja dengan si kakak agar kualitas hubungan dengan si kakak dapat tetap terjaga. Misalnya melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain atau sekedar ngobrol. Dengarkan keluhan kakak kalau adiknya memang melakukan sesuatu yang membuatnya kesal.

5.  Jangan pernah ragu untuk memberi pelukan dan ciuman Anda, karena bila Anda hanya memberikan hal itu untuk adiknya, diam-diam ia akan menganggap Anda lebih sayang pada adiknya dan tidak lagi sayang padanya.

6