Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Zee

Official Writer
40806


Flu adalah sebuah penyakit ringan yang berakibat mengerikan bagi tubuh dan psikologis manusia. Ketika flu menyerang, hidung mulai tersumbat, dan kita terus menerus bersin dan batuk, kondidi tubuh menjadi lemas dan konsentrasi menjadi buyar. Karena ingin cepat sembuh, Anda memutuskan untuk pergi ke dokter yang notabene akan menghabiskan banyak biaya.

Sahabat sekalian, tahukah Anda kalau flu sebenarnya dapat diatasi dengan banyak cara tanpa harus ke dokter? Berikut data yang dikumpulkan oleh tim Jawaban.com untuk membantu Anda mengatasi flu tanpa harus pergi ke dokter.

#1 Hembuskan Angin Melalui Lubang Hidung

Hidung yang tersebumbat merupakan sebuah penyiksaan yang terasa tiada akhir saat flu menyerang. Ada baiknya ketika hidung Anda mulai tersumbat, tutuplah satu lubang hidung dan hembuskan angin kuat-kuat darilubang hidung satunya, dan lakukan ini secara bergantian sehingga lender yang menyumbat dapat keluar. Namun hati-hati ketika melakukannya, ya. Hembusan yang terlalu kuat akan menyakiti hidung Anda.

#2 Beristirahat total

Flu akan menyerang di saat sistem kekebalan dalam tubuh melemah, untuk itu Anda harus mengembalikan sistem kekebalan tubuh Anda dengan beristirahat total. Usahakan tubuh Anda tetap hangat dengan mengoleskan minyak kayu putih dan memakai selimut ketika Anda tidur.

#3 Berkumur

Selain hidung, flu juga sangat mengganggu tenggorokan. Untuk itu, cobalah Anda berkumur dengan air hangat yang dicampur berbagai bahan rempah-rempah misalnya garam mineral, jahe, kunyit, cuka apel, atau kencur. Lakukan setidaknya empat kali sehari, maka tenggorokan akan terasa lebih ringan.

#4 Konsumsi Minuman Hangat

Ketika flu menyerang, banyak cairan tubuh yang terbuang melalui ingus, ludah, dan keringat. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak air. Air yang Anda konsumsi ini sebaiknya bersuhu hangat atau sedikit panas karena cairan hangat dapat mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

#5 Terapi Uap Tradisional

Penguapan merupakan salah satu cara tradisional untuk mengatasi flu. Masukan air panas ke dalam baskom, kalungkan handung menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah di atas baskom. Bisa juga campurkan bahan rempah yang dapat membantu meringkankan flu seperti miyak kayu putih, jahet, atau kunyit untuk hasil yang lebih maksimal.

#6 Aroma Mentol

Oleskan minyak kayu putih atau balsam yang mengandung mentol di dekat lubang hidung. Memang akan terasa sedikit panas, namun mentol sangat membantu untuk menyembuhkan hidung tersumbat dan mencegah iritasi di sekitar lubang hidung.

#7 Tinggikan Bantal

Ketika tidur, posisikan kepala Anda lebih tinggi dari dada untuk mengurangi pembentukan lendir. Gunakan bantal ganda, dan tidurlah dengan wajah menghadap ke langit-langit.

#8 Aroma Bawang

Bawang dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar 5 menit.

#9 Konsumsi Cabai

Capsaicin, sebuah senyawa kimia yang terdapat dalam cabai terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai.

Nah, daripada pergi ke dokter dan menghabiskan banyak biaya hanya untuk flu, cobalah dulu cara-cara tradisional di atas ketika flu mulai menghampiri Anda. Selamat mencoba!

Sumber : intisari-online.com / Zee

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Silvi Kirey 22 October 2017 - 04:55:26

Apakah saya bisa menikah dengan yang beda agama de.. more..

0 Answer

Basaria Sitohang 22 October 2017 - 01:40:48

bagaimana mengenal diri sendiri

0 Answer

RayaNP 21 October 2017 - 10:59:27

Tentukan unsur unsur intrinsik teks drama

0 Answer


evelina 19 October 2017 - 15:25:05
kiranya Tuhan Yesus berkenan membuka hati lelaki y... more..

ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Banner Mitra Week 4


7314

advertise with us