Cinta Tapi Beda, Memotret Kisah Cinta Beda Agama

Film Review / 3 January 2013

Kalangan Sendiri

Cinta Tapi Beda, Memotret Kisah Cinta Beda Agama

Puji Astuti Official Writer
13453

Kembali Hanung Bramantyo membuat kontroversi dengan film terbaru garapannya yang berjudul “Cinta Tapi Beda”. Banyak protes dilontarkan dari ormas-ormas Islam karena film ini dianggap membahayakan nilai-nilai yang dipegang umat. Namun pendapat berbeda disampaikan oleh sang sutradara.

“Idenya sederhana.Hestu Saputra yang menyutradarai film ini adalah pelaku cinta beda agama.Pacarnya orang Islam, dia orang Kristen.Kami coba memotret fenomena kisah cinta beda agama ini,lalu dikembangkan melalui blog oleh Dwita Sari,” demikian ungkap Hanung saat menghadiri gala premier film ini.

“Agama sifatnya privat,tapi ketika berbicara tentang komitmen,akan menjadi kendala.Kita juga tak pernah bisa menebak wilayah Tuhan. Hanya,kita sebagai manusia seolah-olah melakukan justifikasi,jadi seperti ada sekat yang besar,” demikian penjelasannya yang dikutip oleh Seputar-indonesia.com.

Film ini mengisahkan pasangan beda agama, Cahyo dan Diana. Cahyo adalah putra pasangan yang beragama Islam yang taat, dan sebaliknya, Diana adalah seorang gadis Padang penganut Katolik. Mereka memutuskan untuk menjalani pacaran beda agama, namun saat bertemu dengan orangtua mereka, nilai-nilai agama mereka berbenturan.

Cinta beda agama memang tidak disarankan dalam ajaran agama manapun, termasuk Kristen. Selain perbedaan iman dan nilai-nilai yang dianut, kedepannya akan banyak kendala yang dihadapi, salah satunya adalah dalam mendidik anak. Walau demikian, film ini patut ditonton untuk dicermati kembali akan kekurangan dan kelebihan dalam sebuah hubungan cinta beda agama.


<iframe width="560" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/2dXPJarTmAw" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami