Share this article :

Doa Pengakuan Dosa

 Wed August 11th, 2010
 8131

Kitab Mazmur adalah salah satu kitab puji-pujian yang luar biasa, karena dalam kitab tersebut dicatat doa-doa Raja Daud. Ya, kitab Mazmur bukan hanya catatan lagu saja; kitab tersebut juga doa-doa yang ditujukan kepada Tuhan.

Dengan doa-doa tersebut, Anda akan menemukan banyak kunci untuk mendekati Tuhan yang kudus dan penuh rahmat itu serta mendapatkan jawaban atas doa-doa Anda. Yang ingin saya sampaikan Anda alami janji Tuhan yang berkata, "Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku." (Mazmur 50:15) . Yang harus dilakukan adalah berseru kepada Tuhan, hal ini kita kenal dengan berdoa, lalu Anda akan menerima jawaban doa Anda. Demikianlah cara Tuhan berkomunikasi langsung dengan Anda.

Tuhan tidak pernah mengabaikan siapapun. Apa yang Dia lakukan untuk orang lain, Dia juga akan melakukannya bagi Anda.  Bahkan Yesus berjanji bahwa Anda akan melakukan hal-hal yang lebih besar dari diri-Nya dan juga nabi-nabi.

Hal ini dimulai dari titik Anda menyadari bahwa diri Anda seorang berdosa dan telah membutuhkan pengampunan dari-Nya. Ketika Anda memulai dari titik ini, saya percaya bahwa Anda pasti dapat masuk dalam hadirat Tuhan dan menghadap tahta kudusnya serta menerima kasih dan anugrah Allah.

Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. S e l a ~ Mazmur 32:5

Kata sela dalam bahasa Ibrani artinya adalah berhenti sejenak saat menyanyi. Dalam waktu berhenti sejenak ini, para musisi diharapkan melakukan improvisasi, namun jemaat diharapkan untuk tenang dan merenungkan kebenaran dari ayat yang telah dinyanyikan dari Mazmur tersebut. Jadi ayat sebelumnya yang harus kita renungkan adalah, "Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku." Mari renungkan hal tersebut.

Jika Anda tetap menyembunyikan dosa Anda, jika Anda tidak mengakuinya di hadapan Tuhan, maka Dia tidak akan sanggup untuk menjangkau Anda dan memberikan pengampunan kepada Anda. Namun begitu Anda menumpahkan pengakuan atas dosa-dosa Anda dihadapan-Nya, maka Anda akan menemukan pengampunan yang dari Tuhan.

Firman Tuhan berkata, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." Sekarang, ketika kita telah disucikan dihadapan-Nya, meka kita dapat langsung masuk dalam hadirat-Nya dan memohon apa yang kita perlukan.

Lalu ayat setelah Sela tadi :

Sebab itu hendaklah setiap orang saleh berdoa kepada-Mu, selagi Engkau dapat ditemui; sesungguhnya pada waktu banjir besar terjadi, itu tidak melandanya.

Engkaulah persembunyian bagiku, terhadap kesesakan Engkau menjaga aku, Engkau mengelilingi aku, sehingga aku luput dan bersorak. S e l a ~ Mazmur 32:6-7

Siapapun, bahkan mereka yang merasa dirinya dekat dengan Tuhan perlu memanjatkan doa tersebut yang menyatakan "aku mengakui dosaku kepada-Mu." Yesus pernah menceritakan sebuah perumpamaan tentang orang Farisi yang datang ke bait suci dan memanjatkan doa yang sangat munafik, dan kemudian Dia membandingkan dengan seseorang yang datang dan berdoa: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini. (Lukas 18: 10-14). Pria yang mengaku dosa tersebutlah yang menerima pengampunan dari Tuhan.

Jadi, pertimbangkanlah hal tersebut dan pertimbangkanlah pengakuan sebagai awal doa Anda. Ketika Anda melakukannya, seperti janji yang ditulis dalam Mazmur 32: 7 , "Engkaulah persembunyian bagiku, terhadap kesesakan Engkau menjaga aku, Engkau mengelilingi aku, sehingga aku luput dan bersorak." Sebuah janji yang indah bukan? Tuhan mengelilingi Anda dengan anugrahnya sehingga Anda terluput dari bahaya.

Jadikan hal ini sebagai gaya hidup Anda. Bill Bright, pendiri Campus Crusade for Christ memiliki gaya hidup seperti ini bersama istrinya setiap kali menutup hari-hari mereka. Mereka akan mereview apa yang telah mereka lakukan sepanjang hari dengan panduan dari 10 perintah Allah. Lalu ketika mereka gagal di suatu bagian, mereka akan mengakuinya dihadapan Tuhan dan meminta pengampunan. Dan jika Anda menerapkan hal yang sama, Saya menjamin hidup Anda akan diubahkan.

Pengajaran saya selanjutnya adalah berdoa dalam ketekunan, jadi pastikan Anda tidak melewatkannya.

Sumber : CBN.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :