160 Nyawa Selamat Lewat Senyuman Don Ritchie
Sumber: Merdeka.com

Kata Alkitab / 17 August 2014

Kalangan Sendiri

160 Nyawa Selamat Lewat Senyuman Don Ritchie

Theresia Karo Karo Official Writer
5919

'Angel of The Gap' atau malaikat The Gap merupakan panggilan yang diberikan kepada sosok Don Ritchie. Selama hampir 50 tahun, dirinya telah berhasil menyelamatkan 160 nyawa orang yang hendak terjun dari tebing yang disebut The Gap, yang merupakan lokasi bunuh diri yang sangat terkenal di Australia. 

Untuk menyelamatkan nyawa 160 orang ini, yang dilakukannya cukup sederhana, yakni dengan memberikan senyuman dan berbicara kepada orang-orang yang berniat bunuh diri. Berbekal keinginan untuk membantu mereka yang putus harapan, Don kemudian memutuskan untuk tinggal di seberang jalan The Gap sejak tahun 1964. Setiap pagi dia akan bangun dan memeriksa keluar lewat jendela untuk memastikan apakah ada orang yang berdiri di dekat tebing.

Ketika terlihat seseorang akan melompat, Don kemudian berjalan mendekati orang tersebut dan tersenyum. Dengan keramahan, dia kemudian bertanya, "Apakah ada sesuatu yang bisa kulakukan untuk membantu anda?" Sederhana memang, tetapi cara ini selalu berhasil. Selanjutnya, Don akan mengajak orang tersebut berbincang dan mengajaknya mampir ke rumah untuk sekedar minum teh atau sarapan. 

Menurut berita yang dilansir dari The Sidney Morning Herald, Don mengatakan, "butuh waktu singkat untuk membuat saya menyadadari bahwa banyak orang yang datang ke sini dan melihat pemandangan dan hal berikutnya yang saya temukan, mereka menghilang!"

Atas usaha penyelamatan yang dilakukan, Don kemudian dianugerahi 'Medal of the Order' di tahun 2006. Selanjutnya, pada tahun 2010 dia juga pernah menerima menghargaan 'Local Hero Award for Australia' dari National Australia Day Council. Don berhasil menghentikan keinginan orang-orang yang berniat bunuh diri di tebing The Gap. Pria berhati 'emas' ini menghabiskan hari-hari terakhirnya dengan berjuang melawan penyakit kanker. Pada Mei 2012, Don meninggal dengan dikelilingi oleh orang-orang yang disayanginya.

Senyuman mungkin hal yang sederhana bagi masing-masing kita, tetapi ternyata dampaknya berbeda bagi orang-orang yang putus asa. Don mengajarkan, kepedulian dan kasih akan sesama mampu menyelamatkan nyawa seseorang. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69, mari kita mempraktekkan kasih dan kepedulian dalam kehidupan bermasyarakat, demi perubahan yang lebih baik.

Sebab merdeka ialah suatu kebebasan. Bebas untuk memberi; bebas untuk mengampuni; bebas untuk mengasihi. Seperti yang tertulis dalam Galatia 5:13, "saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih." Merdeka!

 

Baca Juga:


Daniel Mananta, "Damn I Love Indonesia" Yang Pasti Berhasil!

Robin Williams "Dihidupkan Kembali" Akhir Tahun Ini

Kemenpora dan KOI Lepas 27 Atlet ke Tiongkok

5 Kunci Untuk Membuat Bisnis Berkembang di Facebook

Bebas Hutang Wisata Dengan Kiat Cerdas Berikut


 


Sumber : Merdeka/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami