Mencapai Fokus Dalam Hidup Anda

Kata Alkitab / 12 October 2010

Kalangan Sendiri

Mencapai Fokus Dalam Hidup Anda

Puji Astuti Official Writer
5648

Sepuluh tahun ke depan bisa menjadi puncak kehidupan Anda. Kesepuluh tahun tersebut bisa jadi sepuluh tahun pencapaian terbaik hidup Anda, dimana Anda terfokus, dan sebagai hasilnya, Anda sanggup memberi dampak dengan semua yang Anda lakukan.

Untuk menemukan dimana Tuhan mau Anda berada ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

Langkah 1 – Tentukan posisi Anda sekarang dimana

Anda harus tahu Anda akan kemana. Untuk itu, tanyakan pada diri Anda sendiri dua pertanyaan ini:

  1. Dimana saya sekarang? Baik secara spiritual, finansial, emosional, hubungan, fisik dan pekerjaan?
  2. Hal apa yang ingin saya ubah? Di area-area yang telah Anda identifikasi, hal apa saja yang ingin Anda ubah?

Allah berjanji kepada Abraham bahwa ia akan menjadi bapa dari banyak bangsa. Tetapi dalam Kejadian 24, Anda dapat baca bahwa Abraham telah tua dan anaknya Ishak masih belum punya anak juga. Akhirnya Abraham membuat keputusan untuk mengubah keadaan, ia menyuruh hambanya, Eliezer, untuk mencari istri bagi Ishak.

Prinsip yang ingin diajarkan disini adalah tidak pernah terlambat untuk membuat perubahan di dalam hidup Anda, sekalipun perubahan itu memakan waktu yang lebih lama dari yang Anda pikirkan. Anda dapat hanyut melalui sepuluh tahun ke depan atau Anda dapat mengubah arah kehidupan Anda selama sepuluh tahun mendatang. Allah ingin Anda untuk memiliki arahy kehidupan yang jelas.

Langkah 2 – Jadilah spesifik tentang apa yang Anda inginkan

Untuk mempercepat pencapaian Anda, maka Anda perlu memperjelas apa yang Anda inginkan.

Sebagai contoh, Abraham meminta Eliezer dengan spesifik seperti apa yang ia inginkan tentang istri Ishak. Abraham berkata, "Baiklah letakkan tanganmu di bawah pangkal pahaku, supaya aku mengambil sumpahmu demi TUHAN, Allah yang empunya langit dan yang empunya bumi, bahwa engkau tidak akan mengambil untuk anakku seorang isteri dari antara perempuan Kanaan yang di antaranya aku diam.Tetapi engkau harus pergi ke negeriku dan kepada sanak saudaraku untuk mengambil seorang isteri bagi Ishak, anakku." (Kejadian 24:2-4).

Anda tidak akan pernah mencapai tujuan jika apa yang Anda inginkan hanya samar-samar. Semakin umum tujuan Anda, maka kekuatan untuk fokus semakin kecil. Sebaliknya, semakin spesifik tujuan Anda, semakin besar kekuatan Anda untuk mencapainya.

Untuk membuat tujuan yang spesifik, tanyakan empat hal ini kepada diri Anda sendiri:

1. Saya ingin jadi seperti apa?
2. Apa yang ingin saya lakukan?
3. Apa yang ingin saya miliki?
4. Mengapa saya menginginkannya?

Anda tidak hanya membutuhkan mengetahui tentang “apa”, Anda juga perlu mengetahui “mengapa” – hal itulah yang akan motivasi Anda. Jika Anda tidak tahu mengapa, Anda akan menyerah ketika itu menjadi sulit.

Ketika Eliezer mendengar tujuan Abraham, ia mulai menanyakan "Bagaimana jika ...?" Jika Anda mendengarkan kalimat yang sama dari diri Anda sendiri, Anda akan gagal karena khawatir dan ketakutan.

Anda tidak perlu fokus pada “bagaimana jika..” untuk saat ini karena, sekali Anda mengetahui “mengapa”, Allah akan menunjukkan kepada Anda  untuk menangani “bagaimana”. Dia akan membantu Anda menyelesaikan masalah yang mencoba menahan Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Halaman :
1

Ikuti Kami