Pemerintah Susun Buku Walau Kurikulum Belum Pasti

Nasional / 29 January 2013

Kalangan Sendiri

Pemerintah Susun Buku Walau Kurikulum Belum Pasti

Zee Official Writer
3229

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun buku pelajaran untuk guru dan siswa sementara status kurikulum yang baru masih belum bisa dipastikan.

Direktur Politeknik Media Kreatif Jakarta, Bambang Wasito Adi, menyatakan di Jakarta, Senin, 28 Januari 2013 kemarin bahwa buku seharusnya disusun setelah kurikulum dipastikan terbentuk. Pemerintah tidak seharusnya menyusun buku sementara kurikulum yang baru masih banyak mengalami perubahan, karena dikhawatirkan akan ada banyak kekurangan pada buku, melihat isi buku harus menyesuaikan kondisi kurikulum saat ini yang masih berubah-ubah.

“Saya dukung kalau pemerintah ingin membuat buku karena selama ini tidak pernah. Hanya saja kalau pemerintah yang buat itu harus benar-benar bermutu dan paling baik. Kurikulum yang belum jelas dan waktu yang singkat ini membuat agak ragu dengan buku,” pungkas Bambang.

Sementara itu Dosen Politeknik Media Kreatif Jakarta, Irene Astuti,berpendapat bahwa penulisan buku pelajaran sebaiknya berkisar sekitar 8 bulan. Kualitas buku tidak akan dipertanyakan apabila prosesnya sudah sesuai prosedur dan memenuhi standar waktu.

“Penulisan buku setidaknya delapan bulan sampai penerbitan, menurut kajian akademis yang kami lakukan, dan penelitian di berbagai negara,” kata Irene.

Irene sebagai salah satu narasumber buku kurikulum baru juga berpendapat bahwa semestinya kurikulum ditetapkan terlebih dahulu baru kemudian penyusunan buku dilakukan. Namun ia juga menambahkan bahwa hingga saat ini buku masih dalam proses penulisan.

“Saya setuju buku harus ditulis berdasarkan kurikulumnya. Yang sudah saya ketahui saat ini, buku sedang ditulis. Proses sejauh apa itu Pusat Kurikulum dan Perbukuan yang tahu," kata Irene menjelaskan. “Kurikulum yang dijadikan dasarnya sudah ada. Tapi kami belum tahu apakah itu yang akan disahkan atau akan ada perbaikan.”

Langkah pemerintah mengenai kurikulum tahun 2013 memang beberapa saat ini sering dipertanyakan melihat tidak adanya kepastian dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk itu agar masyarakat tidak lagi bertanya-tanya, diharapkan pemerintah bisa segera memberikan kepastian mengenai kurikulum yang baru mengingat tahun ajaran baru akan dimulai 6 bulan mendatang.


baca juga artikel lainnya:

Tolong! Pacarku Pemakai Narkoba

Kisah Nyata Pengusaha Sukses Dari Keluarga Miskin

Kesepian Lemahkan Kekebalan Tubuh Anda

Sumber : kompas.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami