7 Tips Bepergian Dengan Balita Jadi Menyenangkan

Parenting / 22 November 2012

Kalangan Sendiri

7 Tips Bepergian Dengan Balita Jadi Menyenangkan

Lestari99 Official Writer
5883

Semua orang suka liburan. Terlebih lagi kehadiran anak-anak menjadikan liburan terasa semakin menyenangkan. Karena sebagai keluarga, kita memiliki waktu kebersamaan yang tak terlupakan. Tapi memang dalam urusan persiapan dan menghadapi perjalanan yang panjang, ikut sertanya anak-anak yang masih berusia balita menjadi hal yang sedikit rumit dan merepotkan. Namun jangan kuatir, berikut kami sajikan 7 tips untuk membantu Anda mempersiapkan dan menjadikan liburan keluarga Anda bersama sang buah hati terasa jauh lebih menyenangkan.

1. Luangkan waktu Anda. Pahamilah bahwa mengendarai mobil dalam waktu lama akan dengan cepat membuat balita Anda bosan dan jengkel. Apalagi jika balita Anda sudah tidak lagi memakai popok, maka dipastikan Anda harus beberapa kali berhenti untuk melayani sang buah hati buang air. Ada baiknya jika Anda menjadwalkan perjalanan Anda dengan menambahkan waktu ekstra 2,5 – 3 jam dari waktu tempuh normal untuk memberi lebih banyak waktu berhenti tanpa membuat Anda terlambat tiba di tujuan. Saat mampir di tempat peristirahatan yang tersedia di pinggir-pinggir jalan, ambil waktu setidaknya 10 menit dan biarkan balita Anda berjalan-jalan maupun berlari-lari di sekitar Anda untuk menyalurkan energinya. Hal ini akan menguntungkan Ada juga, karena aktivitas tersebut akan membuat balita Anda lelah dan siap untuk tidur di perjalanan berikutnya! Jika sudah demikian, nikmati waktu berkendara Anda tanpa perlu diburu waktu.

2. Lakukan persiapan. Perlu bagi Anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Kemungkinan balita Anda mabok perjalanan membuat Anda perlu mempersiapkan baju ganti untuknya. Tisu sangat praktis dipakai untuk membersihkan tangan sang buah hati yang seringkali membuat banyak kekacauan saat makan. Peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada kecelakaan) maupun plester luka sangat penting dibawa karena insiden balita terjatuh di tempat parkir bisa saja terjadi. Cukup gunakan insting keibuan Anda saat mempersiapkan segala sesuatunya.

3. Berbahagialah. Tidak ada yang salah dengan bersenang-senang selama perjalanan. Gerakkan tangan Anda dan nyanyikan lagu-lagu konyol bersama-sama dengan anak Anda. Mainkan ci luk ba dengan balita Anda. Dengan anak-anak yang lebih besar, bermain mengumpulkan nilai saat anak-anak Anda menyebutkan maupun menghitung setiap benda yang mereka lihat sepanjang perjalanan dapat menjadi pilihan. Misalnya saja menghitung sepeda motor ataupun kendaraan lain yang Anda dan anak-anak inginkan. Pemenangnya akan mendapatkan sesuatu yang sudah Anda persiapkan sebelumnya untuk menghargai usahanya. Jadilah kreatif dan munculkan cara-cara menyenangkan lainnya untuk menghibur dan menyenangkan anak-anak Anda selama perjalanan.

4. Bawa makanan ringan. Untuk mengurangi perhentian yang bisa jadi lama, cobalah untuk mengemil kue maupun buah di dalam mobil, berhenti untuk makan siang, kemudian kembali mengkonsumsi cemilan untuk makan malam, jika memang perjalanan yang Anda tempuh sampai selama itu. Tidak ada yang salah dengan mengemil maupun minum jus kotak di dalam mobil. Dengan melakukan hal ini, akan mempercepat perjalanan Anda sampai tujuan! Anda pun tidak akan terganggu dengan perut yang kekenyangan selama perjalanan.

5. Bernyanyilah. Anak-anak senang bernyanyi, jadi kenapa tidak? Untuk anak balita, lagu-lagu riang dapat membantu menyenangkan mereka. Untuk anak-anak yang lebih besar, abaikan suara sumbang yang mungkin terdengar dan bernyanyilah dengan bebas. Turunkan kaca jendela dan bernyanyilah sekeras yang Anda bisa. Orang yang melihat mungkin akan menganggap Anda gila, tapi kenapa Anda harus mempedulikan hal itu? Buah hati Anda bahagia, Anda juga bersenang-senang... Jadi, nikmatilah perjalanan Anda!

6. Belajar. Setiap perjalanan dapat dijadikan pengalaman belajar bagi anak-anak Anda. Namun tidak berarti hal itu jadi membosankan. Misalnya saja memperkenalkan ibukota provinsi, kabupaten maupun kecamatan dari suatu daerah. Atau memperkenalkan maupun memperlihatkan hal-hal unik yang dihasilkan di daerah tersebut. Carilah buku yang dapat memberikan segala informasi mengenai daerah yang Anda lalui. Jadikan perjalanan Anda semenarik dan semenyenangkan mungkin, dengan memberikan pengetahuan sepanjang jalan.

7. Pasokan mainan. Jangan tinggalkan rumah tanpa membawa beberapa mainan favorit anak Anda. Apakah itu berupa video games atau boneka kesayangan, namun mainan-mainan tersebut menjadi sebuah keharusan saat melakukan perjalanan yang panjang. Perhatian balita Anda sangat mudah terpecah, jadi pastikan untuk memberikan waktu bagi mereka untuk bermain boneka, video games, lalu kembali ke boneka dan seterusnya. Perjalanan pun akan terasa sangat menyenangkan, dan mungkin Anda cukup beruntung bila mendengar pertanyaan dari sang buah hati, “Apakah kita sudah sampai?” hanya untuk satu sampai dua kali saja.

Melakukan perjalanan panjang dengan anak balita bisa sangat sulit, namun Anda dapat membuatnya menjadi ringan dengan melakukan sedikit persiapan. 7 tips untuk bepergian dengan anak balita ini akan membantu Anda mempersiapkan hal-hal yang terbaik dan terburuk yang bisa saja terjadi sepanjang perjalanan. Selamat menikmati liburan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : allwomenstalk / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami