Komunikasi, Bukan Hanya Sekedar Kata-kata (1)
Sumber: www.skinnymom.com

Marriage / 11 October 2013

Kalangan Sendiri

Komunikasi, Bukan Hanya Sekedar Kata-kata (1)

Puji Astuti Official Writer
6758

Tuhan tidak pernah menciptakan manusia dengan tujuan untuk hidup sendiri, karena itu kepada Adam Tuhan memberikan Hawa agar mereka saling dapat mengisi kekosongan hidup mereka dengan berkomunikasi dan berbagi beban. Dalam kehidupan bermasyarakat komunikasi merupakan sarana yang terpenting untuk mendapatkan informasi. Kehidupan bermasyarakat ini dimulai dari keluarga. Apakah anda pernah memperhatikan hadirnya seorang bayi ditengah-tengah satu keluarga? Apakah anda pernah memperhatikan perilaku kedua orang tua dari bayi yang baru lahir tersebut? Apakah anda juga memperhatikan perilaku anggota keluarga seperti kakek, nenek, paman, bibi dari bayi yang baru lahir tersebut? Bagaimana pula dengan perilaku para sahabat kedua orang tua yang berbahagia tersebut? Gambaran apa yang terlihat jelas saat mereka melihat ataupun mencoba untuk menggendong bayi tersebut? Apakah mereka hanya diam-diam saja ataukah mereka mencoba untuk berkomunikasi dengan bayi tersebut? Apakah bayi dapat berkomunikasi sekalipun belum bisa bicara?

Komunikasi bukan hanya terbatas pada kemampuan menggunakan bahasa yang dimengerti manusia. Bahasa tubuh, expresi wajah, bahasa isyarat semuanya adalah bentuk komunikasi yang dapat dipergunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain sebagai lawan bicara. Sungguh suatu beban berat yang dapat menggangu kesehatan mental jika ada orang yang dikucilkan tanpa diberi kesempatan untuk boleh berkomunikasi. Dalam pernikahan komunikasi merupakan pertukaran informasi yang sangat penting yang dapat dicapai melalui e-mail, surat, percakapan melalui telphone, mengirim pesan melalui teks dalam bentuk pesan singkat, imoticon dan sebagainya. Apakah anda pernah mendengar pernyataan seperti, "Saya dan Suami sudah tidak berkomunikasi lagi sejak dua minggu terakhir ini"? Apakah mungkin orang tidak berkomunikasi satu dengan yang lainnya meskipun tinggal dibawah satu atap? Mari kita renungkan kebenaran yang akan saya paparkan kepada anda sekalian. Sekalipun isteri sudah tidak berbicara dengan suaminya pada saat sarapan ataupun saat menikmati makan bersama, sebenarnya inipun adalah bentuk komunikasi dimana salah satu pihak sedang mengirimkan pesan tanpa berbicara. Jadi tidak berbicara adalah suatu bentuk komunikasi karena berita terselubung sedang disampaikan. Makanan yang disajikanpun adalah sarana komunikasi. Apakah anda dapat melihat kebenaran ini?

Komunikasi dapat disampaikan dalam bentuk bahasa yang sederhana, padat, singkat dan nyata tanpa bertele-tele, seperti misalnya: "Saya ingin secangkir teh"; "Saya ingin tidur"; "Saya haus dan lapar"; "Saat ini sedang hujan deras". Sekalipun singkat si pengirim berita telah menyampaikan pesannya secara jelas dan dapat dimengerti oleh lawan bicara. Ada kalanya sekalipun berita yang disampaikan singkat, padat, jelas dan nyata, nada suara dapat memberikan pengertian yang berbeda. Dengan demikian si penerima berita dalam suatu percakapan bukan hanya menerima pesan yang disampaikan dalam bahasa yang sederhana tapi nada suara juga ikut memegang peranan penting dalam menyampaikan berita. Selain nada suara, panci yang di hentak-hentakkan saat di cuci ataupun pintu yang dibanting saat ditutup dapat mengirimkan pesan yang sangat nyata kepada suami atau isteri sekalipun mereka tidak berkomunikasi secara lisan.

Jika perilaku dapat dipakai sebagai sarana untuk berkomunikasi mengapa sementara orang gagal untuk melihat bahwa komunikasi tidaklah sama dengan bahasa lisan ataupun bahasa yang tertulis untuk menyampaikan pesan berita. Hendaklah setiap pasangan suami-isteri jeli menangkap pesan berita dari kata-kata yang tidak terungkapkan yang disampaikan dengan perilaku yang bersifat menjauh, bahasa tubuh, expresi wajah, bahasa isyarat dan sebagainya. Mengirim bunga mawar misalnya adalah suatu komunikasi yang disampaikan untuk mengakhiri perang dingin dengan pesan berita, "Aku Mengasihimu, Maukah Engkau Memaafkan Aku?" Selanjutnya peran serta isteri yang menerima bunga mawar tersebut sangat menentukan perjalanan kehidupannya sebagai suami dan isteri. Apakah ia akan menerima ungkapan maaf sang suami dengan menempatkan bunga mawar yang diterimanya pada tempat khusus yang akan menjadi pusat perhatian setiap orang yang berkunjung kerumahnya dan dapat mengagumi keindahan bunga mawar tersebut. Jika bunga mawar tersebut ditaruh di dalam dapur, sang isteri sebetulnya sedang mengirimkan pesan kusus kepada suaminya, "Pernyataan Maafmu Belum Masuk Kehatiku", apalagi jika bunga mawar tersebut langsung dimasukkan kedalam tempat sampah, pesannya menjadi sangat jelas bagi sang suami. Bukankah ini semua merupakan pilihan yang dapat diambil oleh sang isteri?

Apakah anda pernah berpikir untuk merenungkan buah pikiran yang ada namun tidak terucapkan dibalik kata-kata yang disampaikan oleh suami ataupun isteri? Misalnya, setelah dua minggu berturut-turut sang suami sibuk di kantor menjelang tutup tahun sehingga selalu pulang larut malam dan pada akhirnya pada suatu petang ia pulang lebih awal dan berkata, "Enak juga ya bisa pulang pagian dari kantor hari ini". Apakah anda dapat membaca pikiran yang tidak terungkapkan dibalik kata-kata dari kalimat diatas yang disampaikan sang suami? Pesan apa sebetulnya yang terdapat dibalik kata-kata yang disampaikan? Isteri yang bijaksana akan mengerti bahwa suaminya sedang menyampaikan suatu berita penting, yaitu: "Aku Ingin Istirahat". Jika demikian kenapa sang suami tidak langsung saja menyampaikannya dengan berterus terang, "Aku Ingin Istirahat". Mengerti akan apa yang terjadi selama dua minggu terakhir, sekalipun lelah, siapa tahu sang isteri ingin keluar rumah karena sudah bosan selama dua minggu terakhir dirumah. Karena itu sang suami dalam berkomunikasi memberikan suatu ruangan kusus kepada isteri yang dikasihinya untuk memberikan tanggapannya, dengan pengertian bahwa ia sudah siap untuk diajak keluar - inipun adalah pilihan yang diambil sang suami, suatu sikap yang netral namun penuh dengan pengertian.

Dengan demikian saya ingin menyampaikan, ada beraneka ragam cara untuk berkomunikasi, pilih yang terbaik! Semoga bermanfaat.

Penulis :

Rev.Dr. Harry Lee,MD.,PsyD

Gembala Restoration Christian Church di Los Angeles - California

www.rccla.org

 

Baca juga artikel lainnya :

Siapa yang Harus Kita Ampuni?

Saat Kita Harus Mengampuni

Sebuah Maaf Yang Mahal dan Berharga

Prediksi Dalam Cinta & Pernikahan

Bertumbuh Itu Pilihan

Yuk, kunjungi Superbookindo.tv dan mainkan berbagai game seru!

Share Kesaksianmu dan Dapatkan Hadiah Seru!

Sumber : Rev.Dr.Harry Lee, MD.,Psy D
Halaman :
1

Ikuti Kami