JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Ngeluh Saat Orang Tua Sedang Sakit, Benarkah ?

SATURDAY, 01 JUNE 2013

Total View : 2158 times


Saya beberapa kali diperhadapkan dengan kondisi-kondisi yang tidak terlalu nyaman ketika berada di rumah. Mengingat masih tinggal bersama orang tua, saya pasti melihat dan mendengar secara langsung apa yang terjadi di tempat tinggal kami. 

Beberapa bulan lalu, mama saya jatuh sakit. Mengingat usianya yang sudah lanjut, ia mudah sekali terkapar di tempat tidur jika capek. Ketika itu, saya yang baru pulang bekerja dimintakan tolong oleh mama saya untuk memijit kakinya. Jujur, kondisi saya waktu itu begitu lelah dan ingin beristirahat. Namun saya pun akhirnya memilih memijit kaki mama saya.

Beberapa dari Anda mungkin mengalami keadaan yang saya alami : pulang dari kerja / kuliah, tetapi ternyata di saat sampai ke rumah justru harus merawat orang tua kita yang jatuh sakit. Mengeluh adalah salah satu sikap yang sering kita tunjukkan saat melakukannya. Namun benarkah hal ini ?

Dari pengalaman saya pribadi menggerutu bukanlah jawaban yang tepat atas kondisi yang kurang menyenangkan yang saya alami. Bergembira dan berlaku tulus hati adalah jawabannya.

Kita tidak akan mendapatkan kebaikan bagi diri sendiri saat mengomel atau berkeluh kesah. Justru apa yang kita ucapkan atau tindakan yang kita tunjukkan dapat melukai hati orang tua kita.

Merawat orang yang sedang sakit apalagi sudah berumur memang adalah pekerjaan yang benar-benar membutuhkan kesabaran. Namun, renungkanlah saat kita ada di usia mereka, kita pun berpotensi mengalami hal seperti itu juga.

Jadi berhenti komplain saat orang tua kita sedang tidak enak badan atau mengalami gangguan pada fisiknya. Lebih daripada itu juga, bersyukur pada Tuhan karena kita diberikan izin untuk berbakti kepada orang-orang yang telah mendidik dan membesarkan kita.

Percayalah, berkat Tuhan pasti turun senantiasa saat kita menunjukkan kasih dan hormat kita kepada ayah dan ibu kita.

Baca juga :

Cara Jitu Hadapi Pasangan yang Sakit

Rick Warren : Jangan Mengeluh, Dengarkan Tuhan dan Baca Alkitab

3 Film Hollywood yang Dibintangi Artis Indonesia

Forum JC : Jadilah "Provokator" Komentar yang Positif dan Inspiratif ! (Lomba)  

Tips-Tips Mencegah dan Mengatasi Gejala Alzheimer

Kisah Nyata Wanita yang Dihantui Suara Kematian

Sumber : jawaban.com / bm

Mitra CBN


COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * herty

    2013-06-11 15:32:03
    sgt setuju dgn kalimat di "Kita tidak akan mendapatkan kebaikan bagi diri sendiri saat mengomel atau berkeluh kesah". kondisi fisik yg lelah memang alasan paling logis utk istirahat, namun bila kita memposisikan diri di pihak mereka yang sakit, mungkin lelah kita tidaklah seberapa. melayani org tua yg sakit akan menjadi kenangan termanis yg kita punya ketika mereka tiada yg tak akan pernah kita sesali..slmt melayani Tuhan melalui keluarga kita JCers, jerih payahmu tdk dalam Tuhan tdk sia2. Gbu
  • * dashnieldagomez

    2013-06-07 09:21:05
    moment-moment seperti ini memang tidaklah mudah untuk dijalani. capek, banyak masalah, banyak pergumulan. tapi benar kata penulis. jangan mengeluh. karena terus mengeluh membuat kasih kita menjadi dingin. dan kasihan, orang tua kita akan jadi korban. sementara kita masih dipercayakan Tuhan dengan orang tua kita, marilah kita melakukan yang terbaik buat mereka. Tuhan memberkati, Amin.