9 Kunci Penting Menuju Hubungan yang Berhasil

Single / 12 March 2013

Kalangan Sendiri

9 Kunci Penting Menuju Hubungan yang Berhasil

Zee Official Writer
28136

Banyak orang yang menganggap bahwa masa pacaran hanyalah tahap di mana mereka dapat bersenang-senang bersama kekasih mereka. Mereka menganggap pacaran sebagai suatu kegiatan yang hanya untuk bersenang-senang saja, sehingga ketika mereka dihadapkan oleh masalah, akhirnya pasangan-pasangan tersebut dapat dengan mudahnya memutuskan untuk berpisah. Sampai akhirnya, ketika mereka dihadapkan dengan usia dan tuntutan masyarakat untuk melepas status lajang, banyak yang mengalami kesulitan bagaimana cara mempertahankan hubungan agar tidak kandas begitu saja di tengah jalan.

Masa pacaran atau masa pra-nikah adalah sebuah tahap di mana kedua pihak memastikan bahwa mereka telah memilih orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidup. Seperti layaknya sebuah hubungan, konflik bukanlah sebuah hal yang bisa dihindari. Namun, bukan berarti karena Anda merasa hubungan Anda berdua “hanyalah sebatas pacar”, lalu Anda menolak menghadapi konflik tersebut dan memilih untuk mencari yang lain. Jika demikian, Anda akan terus mengulang kejadian yang sama.

Pada kesempatan kali ini, tim Jawaban.com akan membagikan 8 kunci penting yang perlu Anda catat untuk menjalin hubungan yang berhasil:

#1 Selalu Sediakan Waktu Untuk Menghabiskan Waktu Bersama

Hal ini merupakan salah satu kunci penting dalam setiap hubungan. Ketika Anda terus sibuk dengan urusan Anda sendiri dan tidak memiliki waktu untuk Anda berdua, maka lama kelamaan Anda berdua akan mulai mempertanyakan, kenapa Anda berdua harus tetap terus bersama. Berikan prioritas untuk menghabiskan waktu bersama paling tidak 2-3 jam setiap harinya. Walaupun Anda berdua sama-sama bekerja, sama-sama sibuk, tapi hal ini adalah hal yang sagat menentukan sebuah hubungan, jadi sediakanlah waktu bagi satu sama lain.

#2 Tetapkan Tujuan Hubungan Anda di Masa Depan

Menetapkan tujuan atau goal, dan membuat rencana-rencana untuk masa depan Anda berdua dapat menjadi sebuah kunci penting dalam hubungan Anda. Mengapa? Karena dengan begitu Anda berdua bisa mengerti bahwa hubungan Anda berdua ini bukanlah sebatas sementara saja, bahwa Anda berdua berniat membawa hubungan ini ke jenjang selanjutnya, yaitu pernikahan. Pikirkan apa yang Anda berdua inginkan untuk 5 tahun mendatang: di mana Anda berdua akan tinggal? Berapa anak yang Anda berdua inginkan? Apakah Anda berdua ingin membangun rumah bersama? Pertanyaan-pertanyaan ini perlu dibahas jika Anda berdua telah menjalani hubungan selama beberapa waktu.

#3 Menjaga Keintiman dalam Level Tertentu

Menjaga keintiman dalam hubungan pra-nikah juga merupakan sebuah kunci penting agar hubungan Anda berdua bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Tenang saja, hal ini bukan berarti Anda harus langsung berhubungan badan ketika Anda berdua belum menikah. Menjaga keintiman dalam hubungan pra-nikah Anda berdua berarti Anda harus bersikap hangat terhadap pasangan Anda. Tunjukan kepedulian Anda kepada pasangan Anda dengan menatap matanya ketika Anda bicara serius, dan jangan ragu untuk menunjukkan sedikit “skinship” dalam hubungan Anda. Mungkin ketika pasangan Anda sedang merasa lelah atau sedih, berikan pelukan hangat yang bisa menenangkan hatinya. Bisa juga Anda berikan sebuah kejutan berupa ciuman kecil di kening atau pipi untuk menunjukkan rasa sayang Anda pada pasangan Anda.

#4 Jadilah Pendukung Setia Bagi Pasangan Anda

Ingatlah bahwa kekasih Anda adalah calon pendamping seumur hidup Anda, oleh karena itu, mulai sejak dini, Anda berdua harus mulai belajar bagaimana menjadi pendukung yang suportif bagi pasangan Anda. Hindari perilaku menghakimi dan saling menyalahkan antara Anda berdua.

#5 Belajar dari Kesalahan

Pasangan-pasangan yang berhasil dalam hubungan mereka selalu mengambil pelajaran dari argument-argumen dan kesalahan yang telah mereka perbuat. Anda berdua harus menerima bahwa debat, adu argumen, dan percekcokan merupakan hal yang biasa bagi sebuah hubungan, dan cobalah untuk menyelesaikannya sebelum masalah tersebut menjadi berkepanjangan. Bersikaplah tenang dan berusahalah untuk tidak saling mencela satu sama lain.

#6 Jadilah Seorang Sahabat

Untuk menjalin sebuah hubungan yang berhasil, Anda tidak hanya diharuskan untuk mencintai pasangan Anda, tetapi juga menyukainya. Ketika Anda menyukai seseorang, Anda merasa nyaman berada di dekatnya, dia bukanlah sebatas kekasih saja, namun juga teman dan sahabat terdekat Anda. Jadikanlah juga diri Anda sebagai sahabat yang setia bagi pasangan Anda, maka Anda berdua akan betah berada di sisi satu sama lain.

#7 Kepercayaan pada Pasangan

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa kepercayaan adalah sebuah kunci yang sangat penting dalam membangun sebuah hubungan yang berhasil. Anda harus selalu percaya pada pasangan Anda jika Anda ingin hubungan Anda berdua bertahan. Ketika kepercayaan tidak lagi berada dalam sebuah hubungan, Anda akan selalu khawatir, dan kekhawatiran dapat berbuah kecemburuan, yang berpotensi besar untuk menghancurkan sebuah hubungan. Percayalah selalu pada pasangan Anda.

#8 Kesetiaan pada Pasangan

Kepercayaan adalah sebuah hal yang percuma apabila Anda tidak setia pada pasangan Anda. Ingatlah bahwa hubungan Anda ini bukanlah sebuah permainan semata, melainkan sebuah persiapan menuju kehidupan pernikahan. Untuk itu, jika dalam masa persiapan ini saja Anda tidak bisa setia pada pasangan Anda, bagaimana kelak?

#9 Cintailah Diri Anda

Untuk memperolah sebuah hubungan yang sukses dan langgeng hingga jenjang pernikahan nanti, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mencintai diri Anda sendiri terlebih dahulu. Anda tidak akan bisa mencintai orang lain jika Anda tidak memiliki cinta untuk diri Anda sendiri. Menjadi pribadi yang percaya diri dan memiliki rasa aman pada diri sendiri adalah sebuah faktor yang sangat penting. Jika Anda bisa merasa aman dan nyaman dengan diri Anda sendiri, Anda akan merasa lebih nyaman berada dalam sebuah hubungan.

Memiliki sebuah hubungan yang berhasil berarti Anda harus siap untuk bertahan dalam kondisi apapun. Jika Anda berdua tetap terus bersama dalam situasi apapun, maka Anda berdua dapat mengatasi masalah apapun. Bersyukurlah akan kehadiran satu sama lain dalam kehidupan Anda, dan tetaplah peduli dan saling mengasihi satu sama lain. Dengan memperhatikan poin-poin penting di atas, maka hubungan Anda berdua akan awet dan langgeng hingga Anda berdua siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan.


Baca juga artikel lainnya:

Is S/He the One?

Hati-hati, Dampak Buruk Perjodohan yang Tidak Berhasil

Amanda Seyfried Belajar Vokal 2 Tahun demi Broadway

Sumber : adaptasi dari emotional-detachment.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami