Jokowi dan KPK Bantah Kebenaran Transkrip Megawati-Basrief
Sumber: okezone.com

Nasional / 19 June 2014

Kalangan Sendiri

Jokowi dan KPK Bantah Kebenaran Transkrip Megawati-Basrief

Theresia Karo Karo Official Writer
4448

Media sosial ramai dengan pemberitaan rekaman dan transkrip pembicaraan mantan presiden Megawati Soekarnoputri dan Jaksa Agung Basrief Arief mengenai kasus korupsi proyek pengadaan armada bus Transjakarta tahun 2014. Penyebaran transkrip dan rekaman ini menyangkut nama Jokowi, salah satu capres di pemilu 9 Juli mendatang.

Rekaman ini diungkapkan oleh ketua Progress 98 Faisal Assegaf. Rekaman tersebut diperdengarkan oleh utusan wakil ketua KPK Bambang Widjojanto ketika mendatangi Gedung KPK pada 6 Juni 2014. Rekaman pembicaraan berdurasi 2 menit 13 detik ini terjadi pada 3 Mei 2014. Dia lantas menyebarkan selebaran yang diklaim sebagai transkrip rekaman kepada wartawan. Tetapi, pengakuan Faisal ini lantas dibantah sendiri oleh Bambang Widjojanto. Pihaknya merasa tidak pernah melakukan penyadapan percakapan antara Megawati dan Basrief.

Penyebaran transkrip ini dianggap sebagai upaya penjegalan Jokowi untuk maju dalam pilpres 2014. Jokowi dengan tegas menyatakan bahwa isu ini adalah bagian dari kampanye hitam. “Logikanya dari mana sih itu? Sudah gila apa melakukan hal-hal kayak gitu?” Sebelumnya, isu ini juga pernah muncul dengan pemalsuan surat yang berisi penangguhan pemanggilan terkait kasus dugaan korupsi bus transjakarta. Hal ini tidak terbukti benar dan pihak kejaksaan agung sudah membantah adanya pemanggilan Jokowi.

"Dulu itu enggak mempan kan dengan tanda tangan. Nah sekarang pakai transkrip. Buat yang kayak gitu-gitu kan guuaampang," ujar dia. Munculnya isu ini membuat Jokowi melakukan diskusi dengan tim hukum untuk menyikapi tuduhan baru ini. Tidak tahu mana yang benar, yang pasti masyarakat dibingungkan dengan segala informasi ini. Kampanye hitam sudah mencoreng demokrasi di Indonesia.

 

Baca Juga:

Kapolri Usut Obor Rakyat, Kubu Prabowo Siap Bantu

Kardinal Zen Kritik Rencana Pro-Demokrasi Hong Kong

Spanyol "From Hero To Zero"

Hat-Trick Muller Berpotensi Raih Golden Boot

Bayangan Politik Di Piala Dunia

Sumber : Kompas/Tempo.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami