2 Hujan Meteor Segera Terjadi di Indonesia

Nasional / 28 July 2013

Kalangan Sendiri

2 Hujan Meteor Segera Terjadi di Indonesia

Yenny Kartika Official Writer
5754

Dua hujan meteor berbeda akan dapat disaksikan oleh rakyat Indonesia. Hujan meteor Perseid akan terjadi pada 12 Agustus 2013, sementara hujan meteor Delta Aquarid sudah dapat disaksikan mulai 12 Juli hingga 19 Agustus 2013. Namun, puncak Delta Aquarid akan terjadi hari ini, 28 Juli 2013.

Menurut peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, masyarakat di seluruh wilayah dapat menyaksikan fenomena alam langka ini. Tetapi, syaratnya tidak terhalang pohon, bangunan, dan jauh dari polusi cahaya. “Jika di tengah kota yang banyak lampu, akan sulit melihatnya. Selain itu, cuacanya juga harus cerah,” kata Thomas.

Hujan meteor Perseid terjadi saat bumi berpapasan dengan sisa komet (disebut juga debu). Debu-debu akan masuk ke atmosfer dan terbakar, yang kemudian tampak sebagai meteor.

Pada momen hujan meteor Perseid 12 Agustus nanti, akan jatuh 80 meteor ke bumi setiap 3 menit. Sementara saat puncak hujan meteor Delta Aquarid tiba, masyarakat dapat melihat 1 meteor setiap 3 menit.

Masyarakat di Indonesia dapat menyaksikannya mulai pukul 21.00 waktu setempat, dari arah tenggara sampai ke selatan.

Keajaiban dalam indahnya alam merupakan karya agung Tuhan. Jika alam buatan-Nya bisa sebegitu mengagumkan, bayangkan bagaimana dengan Si Pencipta itu sendiri—pastilah maha dahsyat.

 

BACA JUGA:

Jangan Tunda Hubungan Seks dalam Pernikahan

Apakah Belanja Tanpa Anggaran Lebih Hemat?

VIDEO: Perjuangan Pluralisme di Negeri Bhinneka Tunggal Ika

Kisah Nyata Anggertias Naftali: Tak Ada Pengampunan dari Orangtuaku

Uang Belanja Pas-pasan, Namun Tetap Memberi

Sumber : nonstop-online | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami