Ternyata Tata Surya Kita Ada Ekornya
Sumber: nasa

Nasional / 14 July 2013

Kalangan Sendiri

Ternyata Tata Surya Kita Ada Ekornya

Lois Official Writer
3830

Para ilmuwan dalam teorinya selalu menyatakan tata surya kita memiliki ekor seperti sebuah komet. Ketika bergerak melalui ruang menyebabkan aliran partikel membuntuti di belakangnya. Sebuah piranti ruang angkasa NASA pada akhirnya membuktikan teori tersebut, yaitu bahwa tata surya kita memiliki ekor.

Interstellar Boundary Explorer (IBEX) mampu memberikan gambaran seperti apakah ekor tata surya kita, yang mengikuti heliosfer atau gelembung tata surya. Bentuk ekor tersebut panjang dengan warna biru terang, daerah dimana matahari masih memiliki sejumlah kecil pengaruh. IBEX telah memetakan batas-batas ekor heliosfer, sesuatu yang belum dilakukan. Para ilmuwan menggambarkan ekor ini sebagai heliotail.

"IBEX membuat pengamatan pertama tentang heliotail," kata David McComas, peneliti utama IBEX di Southwest Research Institute di San Antonio, Texas."Banyak model telah menyarankan heliotail mungkin menjadi seperti ini atau seperti itu, tapi dengan pencitraan IBEX semua menjadi jelas."

Menurut Eric Christian, ilmuwan dalam misi IBEX di Greenbelt, Maryland, IBEX dapat mengamati lebih jauh tentang struktur, bahkan orbit bumi. “IBEX memindai seluruh langit, sehingga telah memberikan kita data pertama tentang bagaimana ekor heliosfer terlihat,” ujarnya.

Sungguh luar biasa bagaimana tata surya yang sedemian dashyat terbentuk dan tergambar secara nyata dengan kehidupan manusia di dalamnya. Lebih luar biasa lagi si Pencipta segala sesuatu yang mampu menciptakan hal sedashyat itu, Pencipta yang lebih luar biasa melebihi segalanya.

 

Baca juga :

NASA Tanggap Gambah Wajah Tuhan Yesus

NASA Temukan Asteroid Besar Mendekati Bumi

Menyerah Bukan Gaya Hidup Orang Sukses

Menjadi Orang yang Terpercaya dan Dipercaya

Tolong, Anak Remaja Saya Sudah Pacaran!

Resep Kolak Pisang yang Pas Banget di Bulan Puasa

Lakukan Ini Untuk Cegah dan Kurangi Varises

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami