RAPP Kerahkan Personil Tanggulangi Kebakaran Hutan di Riau
Sumber: tempo.co

Nasional / 22 June 2013

Kalangan Sendiri

RAPP Kerahkan Personil Tanggulangi Kebakaran Hutan di Riau

Lori Official Writer
2903

Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Kusnan Rahmin mengatakan sudah mengerahkan sebanyak 665 personel Tim Reaksi Cepat Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Riau.

Kusnan menyampaikan seperti yang dilansir antaranews.com, “Sejak beberapa hari lalu, 665 tim reaksi cepat RAPP sudah dikerahkan diseluruh operasional.”

Berdasarkan pemantauan selama lima hari terakhir, titik api yang terjadi di Riau berlokasi pada lahan gambut di luar kawasan hutan. Namun bersama dengan kelompok masyarakat peduli api (MPA), RAPP telah aktif dalam penanggulangan kebakaran lahan hingga di luar konsesi hutan. Perusahaan ini juga sudah terus memantau melalui patroli udara, air dan darat serta mengoptimalkan bantuan lewat helikopter, truk pemadam kebakaran serta patroli “airboat” yang dapat dilakukan di darat maupun di air.

“Perusahaan juga menggunakan peralatan penanggulangan kebakaran seperti yang canggih karena kami sudah menginvestasikan 1.5 juta dolar AS untuk pencegahan kebakaran,” ujar Kusnan.

Hal ini dibenarkan oleh Pelaksana tugas Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementrian Kehutanan, Sonny Partono di Jakarta, Kamis (20/6), mengatakan bahwa sejumlah perusahaan pemegang izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu dan tanaman industri telah menginvestasikan dana cukup besar untuk itu.

Kebakaran hutan memang peristiwa berulang Indonesia. Faktor kelalaian dalam pengelolaan dan pengawasan oleh pihak pengusaha  maupun masyarakat tentunya menjadi penyebab kebakaran ini. Semoga peristiwa kebakaran ini dapat ditanggulangi dengan baik. 


Baca Juga:

Masalah Kabut Asap, Menko Kesra Sebut Singapura Kekanak-kanakan

Singapura Desak Indonesia Tanggulangi Kebakaran Hutan

Hal Baik yang Terjadi Seputar Kenaikan BBM

Ulang Tahun, Jokowi Diidentikkan dengan Bung Karno

WHO: Ancaman Kekerasan Pada Perempuan Meningkat

Sumber : berbagai sumber | jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami