Alasan Ilmiah Kenapa Lagu Adele Begitu Menyentuh Hati

Nasional / 17 February 2012

Kalangan Sendiri

Alasan Ilmiah Kenapa Lagu Adele Begitu Menyentuh Hati

Lois Official Writer
6801

Lagu Adele yang bertajuk Someone Like You yang mampu menyabet Grammy Award juga mampu membuat pendengarnya terharu hingga menitikkan air mata. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Para psikolog pun mencari tahu. Sebelumnya, psikolog Inggris John Sloboda mengidentifikasi hal ini lewat percobaan sederhana 20 tahun lalu. Dia meminta para pecinta musik untuk menunjukkan bagian-bagian lagu yang membuat mereka merinding atau berlinang air mata. Dr. Sloboda menemukan bahwa lagu-lagu itu mengandung ‘appoggiatura’ atau not yang bentrok dengan melodi sehingga menimbulkan disonansi.

Saat itulah rasa merinding mulai terasa pada pendengar. Jika bentrok itu terjadi beberapa kali dan berdampingan, maka akan tercipta siklus tegang dan rileks yang memicu reaksi lebih kuat. Ternyata lagunya Adele, gadis asal London Selatan ini bertabur not-not ornamental sejenis appoggiatura.

Dr. Martin Guhn, psikolog di University of British Columbia kepada Wall Street Journal mengatakan bahwa Adele memodulasi nada pada akhir not panjang lalu segera masuk ke harmoni berikutnya sehingga memperpanjang reaksi kuat para pendengar. Ketika chorus dimulai, suara Adele melompat satu oktaf dan mulai lepas dari rangkaian seiring volume yang meningkat. Pada saat yang sama, harmoni bergeser dan liriknya menjadi lebih dramatis.

Tim ahli saraf di Universitas McGill tahun lalu melaporkan bahwa intensitas musik secara emosional membanjiri pusat rasa senang di otak sehingga pusat rasa itu melepaskan dopamine, hal yang sama terjadi ketika kita makan, berhubungan seks, atau menggunakan narkoba. Tim itu mendapati bahwa rasa merinding yang ditimbulkan suatu lagu berhubungan dengan jumlah dopamine yang dilepas meskipun itu lagu sangat sedih.

Pengaruh musik di dalam kehidupan manusia sangat besar sekali. Meski secara ilmiah di atas mungkin kita tidak mengerti, tapi banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa lagu baik buat kita. Musik dipercaya dapat membawa rasa senang pada manusia. Jika perasaan sedang tidak baik, alangkah baiknya jika kita mendengar lagu-lagu, terutama yang kita suka dan menenangkan jiwa.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami