Wasit Inggris Pimpin Final Piala Dunia 2010

Nasional / 9 July 2010

Kalangan Sendiri

Wasit Inggris Pimpin Final Piala Dunia 2010

Budhi Marpaung Official Writer
3879

Meskipun tim nasional sepakbola Inggris tidak menunjukkan prestasi yang begitu membanggakan di ajang Piala Dunia (PD) 2010, namun rakyat dari negara Ratu Elizabeth itu pantas berbangga karena FIFA menunjuk wasit Liga Premier Inggris Howard Webb sebagai pengadil di partai final turnamen empat tahunan tersebut.

Penunjukkan Webb pasti bukanlah tanpa alasan. Komisi Wasit FIFA menyatakan kepemimpinan pria berusia 38 tahun itu selama menjadi wasit di partai-partai sebelumnya adalah faktor utama pertimbangan mereka.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa kesempatan Webb untuk memimpin pertandingan antara Belanda versus Spanyol di partai final telah tertutup mengingat beberapa rekannya memiliki rapor yang lebih baik daripada dirinya. Namun, FIFA menugaskan dua saingan utama Webb, Ravshan Irmatov dari Uzbekistan dan Viktor Kassai dari Hungaria untuk menjadi wasit di babak semifinal.

Howard Webb menorehkan sejarah di ajang sepakbola sejagat ini karena untuk pertama kalinya sejak final PD 1974, wasit asal Inggris ditugaskan FIFA sebagai pengadil di partai pamungkas. Bukan hanya itu, ia juga tercatat sebagai satu-satunya wasit sampai saat sekarang yang memimpin dua partai final dalam tahun yang sama, yakni Liga Champions dan Piala Dunia.

Sebagai informasi, partai penutup Piala Dunia 2010 akan diselenggarakan di Soccer City, Johannesburg, Minggu (11/7) malam waktu setempat atau Senin (12/7) dinihari WIB.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami