Profesi Sekretaris? Ada Triknya..

FRIDAY, 20 NOVEMBER 2009

Total View : 2130 times


Menjadi sekretaris tidak hanya sekedar menjadi asisten sekaligus bemper si bos. Juga tidak berarti tidak memiliki jenjang karir yang bagus. Menjadi sekretaris justru memiliki peluang yang bagus dalam banyak hal, contohnya memberi informasi-informasi yang tidak diketahui si bos atau ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang sulit bagi perusahaan.

Tetapi menjadi sekretaris yang baik juga bukan pekerjaan yang mudah. Ada tehnik khusus agar Anda dapat menjadi sekretaris yang dapat diandalkan oleh bos Anda.

Tehnik Mengembangkan dan Memelihara Hubungan antar Manusia
Sekretaris biasanya yang paling mengetahui mengenai klien dan atasannya. Melalui tehnik ini, Anda dapat membantu atasan Anda untuk mengembangkan jaringan dan membangun kerjasama yang baik. Dengan kemampua komunikasi Anda, Anda jelas tahu apa yang perlu dilakukan dan jenis komunikasi apa yang sesuai dengan orang-orang yang akan Anda dan atasan Anda temui.

Tehnik Menangani Masalah dan Membuat Keputusan

Sekretaris harus bisa menentukan akar dari sebuah permasalahan, karena dia-lah yang paling tahu perjalanan dari sebuah perusahaan. Demikianlah ditekankan oleh Institut of Company Secretaries of India. Nilai dari sekretaris adalah apabila dia dapat membuat keputusan yang akurat sesuai dengak fakta, data dan informasi yang didapat langsung dari atasan. Anda dapat membantu atasan Anda dalam pengambilan keputusan, selama Anda mengetahui duduk persoalannya.

Tehnik Menyusun Rencana dan Mengorganisir Pekerjaan
Kemampuan menyusun dan mengorganisir sesuatu bukan pekerjaan yang mudah. Namun seorang sekretaris harus memiliki kemampuan itu. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar dari pekerjaan yang akan Anda lakukan dan minta masukan serta persetujuan dari atasan Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman antara Anda dan atasan Anda. (Y)

Source : hanyawanita.com


Mitra CBN

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • No comment yet

"Kunci Sukses"

Kunci sukses menjadi entrepreneurship adalah fokus pada tujuan, berdoa, membangun karakter yang baik, dan disiplin untuk komitmen – Hary Tanoesoedibjo