Menyiasati Pinjaman Uang

MONDAY, 15 MARCH 2010

Total View : 2588 times


Tips yang paling baik mengenai peminjaman uang adalah : JANGAN. Jika Anda ingin seperti ini, kartu kredit bisa menambahkan 20% bunga dari semua pengeluaran Anda, jadi jika Anda bisa menghindari pembayaran dengan uang yang bisa berbunga, pengeluaran Anda akan meningkat sebanyak 20%.

Sebenarnya, ada banyak keuntungan dengan memiliki kartu kredit, seperti perpanjangan garansi, program deviden, proteksi pembelian barang, dan keuntungan jumlah kredit. Pendekatan yang harus Anda lakukan untuk menghindari bunga yang berlebihan yaitu dengan membayar kredit Anda penuh setiap bulan. Hal ini memberi Anda keuntungan kecil daripada membayar tunai sekaligus melonggarkan pembayaran beberapa lamanya.

Ada beberapa pembelian yang sebaiknya dilakukan secara kredit ataupun melakukan peminjaman uang, dan selalu ada pendekatan yang lebih baik dari peminjaman itu.

Satu saran yang utama adalah mengenai bunga. Bank-bank biasanya sangat kompetitif dalam memberikan bunga untuk mendapatkan pelanggan. Anda bisa menurunkan bunga rata-rata sekitar 1% atau bahkan lebih dengan memberikan beberapa jam untuk berbicara kepada bank-bank tersebut. Ingat, mereka ingin bisnis Anda dan Anda adalah tumpuan dengan siapa Anda akan bekerja sama. Banyak bank yang membuat pelanggan merasa terintimidasi dan ‘dalam belas kasihan' bank yang besar dengan mendiktekan ketentuan dan bunga rata-rata.

Ada juga cara lain untuk mendapatkan keringanan pinjaman. Semisalnya Anda juga mempunyai pinjaman dalam kartu kredit dan pinjaman lainnya, Anda bisa menggabungkannya dengan meminjam dari bank berikut dengan kebutuhan pinjaman yang lainnya. Hal ini akan menambah jangka pembayaran dan membebaskan Anda dari pinjaman yang lainnya.

Jika Anda membutuhkan pinjaman yang besar, seperti untuk renovasi rumah, ada cara lain yang biasanya digunakan yaitu menjadikan rumah Anda sebagai hipotik. Hal ini membuat nilai dari rumah Anda sejalan dengan tingginya pinjaman. Biasanya, syarat untuk hipotik rumah adalah beberapa surat resmi dari rumah tersebut sebagai jaminan bahwa pinjaman akan dibayar.

Ada juga dengan pinjaman di bank. Anda hanya perlu membayar bunganya. Hal ini akan membantu Anda dalam hal darurat tapi dapat membantu keuangan dalam membeli hal-hal yang diperlukan. Namun disarankan, pinjaman ini biasanya mempunyai suku bunga yang lumayan tinggi dan membuat hutang semakin lama dapat melilit jika tidak dibayarkan pokok uang yang dipinjam.

Apapun jenis pinjaman yang Anda lakukan, pastikan dahulu untung ruginya. Pastikan jangka panjang peminjaman yang ingin Anda lakukan, apakah sesuai dengan suku bunganya atau apakah dapat memenuhi kebutuhan keuangan yang Anda inginkan untuk membiayai sesuatu hal. Lalu pilih yang terbaik.

Source : personalfinance/lh3


Mitra CBN

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • No comment yet

"Kunci Sukses"

“It doesn't matter if a million people tell you what you can't do, or if ten million tell you no. If you get one yes from God that's all you need.” "Tidak masalah jika satu juta orang memberitahu Anda apa yang tidak dapat Anda lakukan, atau jika sepuluh juta mengatakan 'tidak'. Jika Anda mendapatkan satu 'ya' dari Allah itulah yang Anda butuhkan. " ~ Tyler Perry