JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Bentuk dan Cara Investasi Gereja yang Perlu Anda Ketahui

SATURDAY, 28 SEPTEMBER 2013

Total View : 2314 times


Dalam lembaga apapun ditengah-tengah kehidupan,peranan uang tidak akan pernah kehilangan bagian. Demikian pula dengan gereja yang juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mendukung jemaat gereja untuk hidup sejahtera.

Untuk mencapai tugas dan pelayanan gereja , bergelut dalam bisnis bukanlah sesuatu yang tabu sebab peranan gereja tidak semata hanya melayani jemaat disetiap ibadah minggu, namun lebih kepada peluang gereja untuk merambat ke dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial dan yang lainnya. Untuk mengembangkan hal ini, maka gereja terjun dalam bisnis atau investasi.

Berdasarkan sejarahnya, seperti yang ditulis didalam buku berjudul "Menguak Rahasia Bisnis Gereja" oleh F Rahardi, pada tahun 1500 Santo Benedictus mewajibkan para kaum biara untuk aktif berkebun, beternak, membuat keju, roti, minyak zaitun dan wine. Sehingga hal ini mendorong gereja untuk aktif mengembangkan pendapatan gereja untuk tujuan pelayanan yang lebih luas.

Berikut merupakan bentuk dan cara investasi yang umumnya dikerjakan oleh gereja:

# Bidang pendidikan

Selain memunaikan tugas gereja dalam membimbing dan mendidik dengan sistem Kristen, gereja juga dapat menginvestasikan uangnya dibidang ini. Hal ini juga tidak bergeser dari tujuan gereja untuk  mendukung sejumlah program keluar dari gereja itu sendiri, seperti pemberian training atau pelatihan kepada masyarakat, dan sebagainya.

#Bidang ekonomi

Seperti hal yang dilakukan oleh umat Muslim, dengan mengembangkan sistem Syariah dalam bidang ekonomi, gereja pun seharusnya dapat melakukan hal yang sama. Namun hingga saat ini gereja masih belum memiliki kapasitas untuk terjun dan membentuk kerajaan bisnis berbasis Kristen. Namun bidang ini tetap menjadi lahan besar bagi gereja untuk dapat menyebarkan sistem ekonomi yang berdasar pada Alkitab.

#Bidang  Teknologi dan Media

Terdapat sejumlah media penerbitan yang telah berkembang sudah sejak lama seperti media milik gereja dan bernaung dibawah sekretariat seperti Kanasius di Yogyakarta, Dioma di Malang, Bina Tama di Surabaya, Nusa indah di Ende, Bina Media di Medan, Obor dan Hidup di Jakarta, dan sebagainya.

# Bidang Pertanian

Sejumlah gereja tengah melakukan pengembangan usaha yang berfokus pada pengarahan petani dalam mengembangkan sayur organik, seperti dua lembaga Katolik yang mengembangkan bisnis pertanian organik yakni Serikat Paguyuban Tani dan Nelayan-Hari Pangan Sedunia DI Yogyakarta dan Yayasan Bina Sarana Bhakti (YBSB) di Cisarua, Bogor.

# Bidang Sosial

Dalam bidang ini, gereja akan mengadakan jalinan kerja sama dengan lembaga yang senapas dan setujuan untuk membantu kaum-kaum yang tidak mampu. Melalui investasi ini, gereja dapat menyimpan dana yang mungin dapat digunakan untuk aksi kemanusiaan atau membantu jemaat yang tidak mampu secara finansial.

Beberapa bidang bisnis diatas merupakan bentuk derap langkah gereja untuk dapat berperan serta dalam sejumlah bidang lainnya, tenpa mengurangi tugas pokoknya sebagai pelayan. Maka dari itu, Kekristenan harusnya memiliki gairah untuk terus bertumbuh dan berkembang dengan memperluas jangkauan hingga ke berbagai sektor formal.


Baca Juga Artikel Lainnya:

ISG 2013: Kontingen Indonesia Geser Mesir Duduki Puncak Klasemen

Michael Smith Kenang Persahabatannya Dengan Billy Graham

Yenni Wahid : Militansi Beragama Tidak Masalah Dipertahankan

Tiga Juta Anak Suriah Butuh Bantuan, Segera!

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Dukung Pelayanan CBN
Share Your Story


Add Your Comment

Nickname
Email
Comment


  • No comment yet