JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Olahraga Berat Perburuk Kondisi Penderita Kolesterol Tinggi

SUNDAY, 20 OCTOBER 2013

Total View : 1671 times


Berolahraga adalah salah satu anjuran yang baik bagi para penderita kolesterol tinggi. Olahraga diakui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan diabetes, mengurangi risiko serangan jantung dan juga stroke. Kendati demikian, pakar kesehatan menyatakan harus menghindari olahraga berat sebab akan berakibat memaksa jantung bekerja lebih keras.

Menurut pakar kesehatan metabolic dan endokrin dari Departemen Penyakit dalam Rumah Sakit dr Cipto mangunkusumo (RSCM) dr Em Yunir, SpPD, KEMD, bagi para penderita kolesterol tinggi yang sudah mengalami penumpukan plak di pembuluh darah atau arterinya, maka olahraga berat hanya akan meningkatkan kerja jantung dan meningkatkan risiko plak terlepas dari pembuluh darah.

Bila plak terlepas, maka plak-plak tersebut akan terbawa dalam aliran darah dan berpotensi menyumbat pembuluh darah yang lebih kecil hingga pecah. Bila pembuluh darah pecah di otak maka akan berakibat stroke, sedang bila terjadi di jantung maka akan mengakibatkan serangan jantung.

Jadi sangat disarankan untuk melakukan jenis olahraga ringan saja seperti berjalan, berjoging atau berenang. Namun tetap harus dilakukan secara rutin. "Lakukan 5 kali dalam seminggu, dimulai dengan 3 kali per minggu lalu meningkat secara bertahap," tutur dr Rachmad Wishnu Hidayat,SpKO.

Banyak orang berfikir bahwa berolahraga harus mengeluarkan keringat, sehingga harus melakukan olah raga berat. Namun olahraga ringan di atas juga dapat bermanfaat bila dilakukan dengan efektif sehingga hasilnya lebih maksimal.

Bagi Anda penderita kolesterol tinggi, pilihlah olahraga yang aman bagi kesehatan Anda. Salam sehat!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Usaha Peternakan Berbasis Kemitraan

Jenis Makanan untuk Tingkatkan Kadar Kolesterol HDL

5 Cara Sehat Mengendalikan Kolesterol

Daging Sapi Bikin Sembelit? Bakso Jeruk Solusinya!

Berpetualang Bersama Superbook Menyaksikan 'Mujizat' Yesus

Mandela: Long Walk to Freedom, Kisah Pejuang Anti-Apartheid Afrika Selatan

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com | Lori


Mitra CBN

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * Cara Mengobati Penyakit Stroke

    2013-10-23 09:44:52
    thankz infonya gan sangat membantu...