5 Cara Sehat Mengendalikan Kolesterol
Sumber: http://remediosprodutosnaturais.com

Solusi Sehat / 16 October 2013

Kalangan Sendiri

5 Cara Sehat Mengendalikan Kolesterol

Budhi Marpaung Official Writer
7436

Di dalam tubuh setiap manusia pasti terdapat kolesterol – baik itu kolesterol yang baik (High Density Lipoprotein) maupun kolesterol yang jahat (Low Density Lipoprotein). Secara singkat, HDL merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Sedangkan LDL merupakan lemak yang dapat menempel pada pembuluh darah.

Normalnya, kadar kolesterol di dalam tubuh adalah 160-200 mg. Untuk menjaga agar kandungan LDL tidak menumpuk atau tetap dalam keadaan normal maka perlu dilakukan pengendalian.

Berikut 5 cara sehat untuk mengendalikan kolesterol :

1. Diet

Diet disini maksudnya adalah mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. Memilih makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada dengan kandungan lemak jenuh merupakan salah satu bentuk diet yang dimaksudkan di poin ini.

2. Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan wajib untuk dikonsumsi. Pasalnya, jenis makanan ini mampu menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

3. Konsumsi antioksidan

Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

4. Hindari alkohol dan merokok

Bukan sekedar menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, dengan tidak merokok atau mengkonsumsi alkohol maka kolesterol pun tidak akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

5. Olahraga

Lewat olahraga yang teratur sesuai dengan umur dan kemampuan, berat tubuh Anda akan senantiasa ideal. Ini bakal membuat masalah-masalah seputar kolesterol menjauh dari kehidupan Anda.   

Jangan mengendalikan kolesterol ketika Anda menginjak usia tertentu. Jika Anda bisa melakukannya sejak sekarang, mengapa harus tunggu beberapa tahun kemudian ?  Toh ini juga untuk kesehatan Anda sendiri bukan orang lain.


Baca juga : 

Berpikir Positif Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kisah Sukses Pengusaha David Green : Dahulukan Tuhan Daripada Uang

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Break Every Chain, Lagu Penyembahan yang Sederhana Namun Penuh Kuasa

Label Dari Tindakan Kita  

8 Efek Negatif Mengonsumsi Minuman Beralkohol Secara Berlebihan

Thread Forum JC : Dokumentasi Aksi Sosial (JCers Goes to Panti Rehab YBMI)

Sumber : kumpulan.info / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami