Tips Merawat Kulit yang Rentan Terhadap Alergi dan Sensitif
Sumber: tipsdietmu.com

Solusi Sehat / 26 June 2013

Kalangan Sendiri

Tips Merawat Kulit yang Rentan Terhadap Alergi dan Sensitif

Budhi Marpaung Official Writer
7920

Seperti halnya kulit kering, kulit yang rentan terhadap alergi dan sensitif harus mendapatkan perawatan yang benar. Salah-salah memakai produk atau kosmetik di salah satu bagian tertentu dari kulit Anda maka kemungkinan besar terjadi iritasi akan semakin besar.

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memenangkan pertarungan melawan respon kulit Anda yang teriritasi.  

1. Pastikan apakah Anda berurusan dengan reaksi alergi atau sensitif terhadap suatu produk, dan bukan penyakit kulit. Banyak masalah kulit seperti psoriasis, rosacea, eksim, folliculitis (pembengkakan folikel rambut), dan reaksi terhadap makanan dapat menyebabkan kulit teriritasi, membengkak, merah, gatal, bersisik atau ruam. Kenali persoalan yang sedang Anda hadapi.

2. Temukan produk atau bahan apa yang menyebabkan masalah bagi kulit Anda dan hentikan penggunaannya. Kadang-kadang hal ini merupakan prosedur yang cukup mudah. Jika Anda mulai menggunakan sebuah concealer dan dalam beberapa jam area tersebut menjadi merah, gatal, dan bengkak, maka jelas bahwa concealer tersebutlah yang menyebabkan masalah.

Dalam beberapa kasus, proses melihat reaksi kulit tidak terjadi dengan cepat. Oleh sebabnya, diperlukan kesabaran dan kerajinan bereksperimen dengan produk atau produk-produk yang Anda curigai membawa masalah bagi kulit Anda.

3. Gunakan krim cortisone yang berfungsi untuk menghentikan pembengkakkan pada kulit Anda. Begitu iritasi kulit muncul, aplikasikan krim pada area yang terinfeksi selama beberapa hari, bahkan setelah kulit kelihatannya kembali normal. Ingatlah bahwa kulit dapat terkena reaksi alergi atau sensitif untuk periode waktu yang panjang. Jangan takut dengan penggunaan krim cortisone dalam jangka waktu pendek. Penggunaan krim cortisone dalam jangka waktu panjanglah (lebih dari 2 atau 3 bulan penggunaan secara terus menerus) yang menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin pada kulit.

4. Jangan menggunakan unsur lain yang dapat menyebabkan iritasi pada area kulit yang terinfeksi. Produk wewangian, scrubs, kain lap, AHA, Retin-A, Renova, benzoyl peroxide, pemutih kulit, atau produk perawatan kulit lainnya dengan bahan aktif dapat memicu iritasi dan hanya menambah masalah.

5. Hindari sauna, steam, berkeringat (jika mungkin), atau menggosok area yang terinfeksi, karena semuanya itu dapat memicu reaksi muncul kembali.

6. Jika masalah tidak juga membaik setelah empat hingga enam minggu, Anda harus segera mencari ahli kulit Anda untuk mendapatkan pemeriksaan. 

7. Apabila Anda curiga memiliki reaksi alergi yang serius (dalam bentuk bintik-bintik merah, kulit dan mata sangat membengkak, atau ruam-ruam berwarna merah yang terasa hangat atau menggelitik), konsultasikan ke dokter untuk mendiskusikan pilihan obat yang dapat diminum untuk menghentikan gejalanya.

Demikian tips merawat kulit yang rentan terhadap alergi dan sensitif. Semoga ini bisa memberi manfaat lebih bagi diri Anda baik hari sekarang maupun masa mendatang.

 

Baca juga : 

Waspadai 7 Area Pemicu Alergi Ini di Rumah Anda!

Riwayat Hidup Yesus Kristus

Cerewet Bukan Tanda Sayang ! 

Thread Forum JC : Apa sie rahasia awet muda ?

Sumber : paulaschoice-indo.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami