Sebelum Anak Belajar Menulis, Lakukan 6 Latihan Ini untuk Melatih Kekuatan Tangannya Yuk
Sumber: canva.com

Parenting / 19 June 2024

Kalangan Sendiri

Sebelum Anak Belajar Menulis, Lakukan 6 Latihan Ini untuk Melatih Kekuatan Tangannya Yuk

Claudia Jessica Official Writer
586

Melatih kekuatan tangan anak sebelum mulai belajar menulis akan sangat membantu proses belajarnya.

6 Latihan berikut ini akan membantu anak memegang pensil dengan baik dan menulis dengan lebih mudah.

Berikut ini adalah enam tips praktis yang bisa diterapkan oleh ibu untuk melatih kekuatan tangan anak:

1. Rolling Pencil

Cara yang pertama adalah dengan Rolling Pencil. Minta anak untuk menggulirkan pensil di atas meja menggunakan jari-jari mereka. Gerakan ini membantu memperkuat otot-otot jari dan tangan anak. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan pensil berukuran besar atau kecil sesuai dengan kenyamanan anak.

2. Pencil Crawls

Pencil Crawls adalah aktivitas di mana anak diminta untuk "merangkak" dengan pensil di antara jari-jari mereka. Caranya, letakkan pensil di antara jari-jari anak dan minta mereka untuk memindahkannya ke atas dan ke bawah. Latihan ini membantu meningkatkan kontrol dan koordinasi jari.

3. Rubber Band Extension

Menggunakan karet gelang juga bisa menjadi latihan yang efektif. Rubber Band Extension dilakukan dengan cara melilitkan karet gelang di sekitar jari-jari anak dan meminta mereka untuk meregangkannya. Latihan ini sangat baik untuk menguatkan otot-otot tangan dan jari.

4. Finger Push Up

Selanjutnya, Finger Push Up adalah latihan yang cukup sederhana namun efektif. Minta anak untuk melakukan push-up menggunakan jari-jari mereka di atas meja. Latihan ini akan membantu memperkuat otot-otot jari dan meningkatkan ketahanan tangan.

5. Pick Up the Coins

Permainan mengumpulkan koin bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat. Minta anak untuk Pick up the coins atau mengambil koin-koin kecil dari meja menggunakan jari-jari mereka. Latihan ini meningkatkan keterampilan motorik halus dan kekuatan jari.

6. Put Off the Coins

Sebaliknya, setelah mengambil koin, minta anak untuk Put off the coins atau menempatkan koin-koin tersebut kembali ke dalam wadah. Aktivitas ini membantu melatih ketepatan dan kontrol jari, serta memperkuat otot-otot tangan.

Dengan rutin melakukan latihan-latihan di atas, kekuatan tangan anak akan terlatih dengan baik sehingga mereka lebih siap untuk mulai belajar menulis. Pastikan untuk selalu memberikan dukungan dan pujian kepada anak agar mereka tetap termotivasi. Selamat mencoba!

Sumber : Instagram @melianti0110
Halaman :
1

Ikuti Kami