Ga Perlu Bingung, Begini Tips Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri
Sumber: canva.com

Finance / 12 June 2024

Kalangan Sendiri

Ga Perlu Bingung, Begini Tips Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri

Claudia Jessica Official Writer
823

Sulitnya mendapatkan pekerjaan di dalam negeri, membuat banyak orang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Namun, terkadang mengalami kesulitan untuk mencari lowongan kerja di luar negeri. Untuk itu, berikut ini adalah 10 tips bagi Anda yang mencari lowongan kerja di luar negeri.

1. Tentukan Jenis Pekerjaan yang Kamu Inginkan

Sebelum memulai pencarian, sangat penting untuk menentukan jenis pekerjaan yang kamu inginkan. Pertimbangkan minat, keahlian, dan pengalaman kamu. Memahami dengan jelas jenis pekerjaan yang kamu cari akan membantu kamu dalam menyaring lowongan yang sesuai dan membuat proses pencarian lebih efektif.

2. Tentukan Tujuan dan Negara Tujuan

Setelah menentukan jenis pekerjaan, pilih negara tujuan yang sesuai dengan karier kamu. Pertimbangkan faktor-faktor seperti bahasa, budaya, kebijakan visa, dan peluang karier di negara tersebut. Misalnya, jika kamu tertarik dengan teknologi, negara seperti Jepang, Singapura, atau Jerman mungkin menjadi pilihan yang tepat.

3. Tingkatkan Keterampilan Bahasa

Bahasa adalah salah satu kunci utama untuk sukses bekerja di luar negeri. Jika negara tujuan kamu menggunakan bahasa yang berbeda, luangkan waktu untuk mempelajarinya. Keterampilan bahasa tidak hanya membantu dalam pekerjaan, tetapi juga memudahkan kamu beradaptasi dengan lingkungan baru.

 

BACA JUGA: 67% Orang Indonesia Pengen Kerja di Luar Negeri, Berapa Pesar Peluangnya?

 

4. Gunakan Situs Pencarian Kerja Internasional

Gunakan situs-situs pencarian kerja internasional seperti LinkedIn, Indeed, Glassdoor, dan Monster untuk mencari lowongan pekerjaan di luar negeri. Situs-situs ini sering memuat lowongan dari berbagai negara dan industri. Selain itu, banyak situs memiliki fitur filter yang memungkinkan kamu mencari lowongan berdasarkan lokasi dan bidang pekerjaan.

5. Bergabung dengan Komunitas Profesional

Bergabung dengan komunitas profesional atau grup online yang berfokus pada industri atau negara tujuan kamu dapat membuka banyak peluang. LinkedIn Groups, forum diskusi, dan grup Facebook sering kali menjadi tempat di mana perusahaan memposting lowongan pekerjaan dan profesional berbagi pengalaman serta tips.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami