7 Strategi Mengelola Ekspektasi yang Tidak Realistis di Dalam Pernikahan
Sumber: Canva.com

Marriage / 5 June 2024

Kalangan Sendiri

7 Strategi Mengelola Ekspektasi yang Tidak Realistis di Dalam Pernikahan

Aprita L Ekanaru Official Writer
925

Pernikahan bukanlah dongeng yang selalu diliputi rasa bahagia. Jika Anda pernah merasa kecewa karena harapan-harapan Anda dalam pernikahan tidak terpenuhi, Anda tidak sendirian. Dalam dunia yang penuh dengan romantisasi hubungan, seringkali kita memasuki pernikahan dengan ekspektasi yang tidak realistis. 

Mengapa Ekspektasi Tidak Realistis Muncul?


Ekspektasi yang tidak realistis sering kali muncul dari berbagai sumber seperti media, budaya, dan pengalaman pribadi. Film-film romantis dan cerita-cerita cinta sering kali menggambarkan hubungan yang sempurna tanpa konflik, membuat kita percaya bahwa kebahagiaan sejati hanya datang dalam bentuk tertentu. Namun, pernikahan yang sehat dan bahagia memerlukan usaha dan kompromi dari kedua belah pihak.

Demi membangun hubungan yang lebih sehat dan Bahagia, Anda dan pasangan harus sama-sama belajar mengelola ekspektasi bersama, salah satunya dengan mempraktikan 7 strategi berikut ini:

1. Komunikasi Terbuka dan Jujur

Komunikasi adalah kunci utama dalam mengelola ekspektasi. Pasangan harus mampu berbicara secara terbuka tentang harapan mereka, baik besar maupun kecil. Diskusikan apa yang Anda harapkan dari pernikahan dan apa yang pasangan Anda harapkan. Dengan demikian, Anda dapat memahami satu sama lain dengan lebih baik dan mengurangi kemungkinan kekecewaan.

2. Memahami Bahwa Setiap Orang Berbeda

Ingatlah bahwa pasangan Anda adalah individu yang unik dengan pemikiran, perasaan, dan kebutuhannya sendiri. Menerima perbedaan ini dan menghargai perspektif masing-masing dapat membantu Anda mengelola ekspektasi yang tidak realistis. Fokus pada bagaimana Anda dapat saling melengkapi dan mendukung satu sama lain.

3. Bersikap Fleksibel

Tidak ada yang pasti dalam kehidupan, termasuk dalam pernikahan. Bersikap fleksibel dan siap menghadapi perubahan adalah langkah penting untuk mengelola ekspektasi. Jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, cobalah untuk melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh bersama.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami