Bersinar Bagai Permata, Menjadi Pribadi Yang Bernilai dan Indah Lewat Tekanan
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 24 May 2024

Kalangan Sendiri

Bersinar Bagai Permata, Menjadi Pribadi Yang Bernilai dan Indah Lewat Tekanan

Puji Astuti Official Writer
1440

Apakah Anda tahu bagaimana sebuah permata yang indah tercipta?  Permata tidak lahir begitu saja dalam kondisi sempurna. Awalnya mereka itu adalah batuan biasa, namun melalui tekanan yang luar biasa di dalam perut bumi selama jutaan tahun muncullah batu permata yang indah. Walau demikian, ketika batu itu ditemukan, batu itu masih menjalani proses panjang hingga jadi perhiasan.  

Sama halnya dengan kita, tekanan hidup dan masalah kehidupan sering kali datang tanpa diduga dan tampak tidak pernah berakhir. Namun, di balik setiap tantangan dan masalah itu, ada peluang untuk tumbuh dan berkembang. 

Tekanan hidup yang kita hadapi sehari-hari, seperti tantangan ekonomi, hubungan pribadi, atau tantangan karier, sebenarnya adalah proses untuk mengasah dan memperkuat diri kita. Ketika kita mampu mengatasi masalah kehidupan dengan bijak dan penuh kesabaran, kita akan menemukan bahwa diri kita menjadi lebih kuat dan lebih matang.  

Mengapa Kita Harus Menjalani Proses Yang Menyakitkan? 

Meskipun tekanan ini dapat terasa berat dan menyakitkan, kita dapat melihatnya sebagai alat pembentukan yang dipakai Tuhan untuk membentuk karakter kita. 

1. Tekanan Menghasilkan Ketekunan 

Yakobus 1:2-4 berkata, "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu bahwa ujian terhadap imanmu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun." 

Ayat ini mengajarkan kita bahwa tekanan dan pencobaan dapat menghasilkan ketekunan dalam diri kita. Ketekunan adalah kemampuan untuk tetap kuat dan teguh di tengah tantangan. Seiring waktu, ketekunan ini akan membentuk kita menjadi pribadi yang matang dan utuh. 

2. Tekanan Mengungkapkan Karakter Sejati 

Dalam Roma 5:3-4, Paulus mengatakan, "Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan." 

Tekanan sering kali mengungkapkan karakter sejati kita. Di tengah tekanan, kita dapat melihat dengan jelas area dalam hidup kita yang perlu diperbaiki dan diserahkan kepada Tuhan. Tekanan membantu kita menyadari kelemahan kita dan mendorong kita untuk bergantung sepenuhnya pada Tuhan. 

3. Tekanan Membawa Kita Lebih Dekat kepada Tuhan 

Mazmur 34:18 berkata, "TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya." 

Ketika kita mengalami tekanan, kita sering kali merasa lemah dan tidak berdaya. Namun, saat kita mendekat kepada Tuhan dalam doa dan mencari pertolongan-Nya, kita akan menemukan bahwa Dia selalu dekat dengan kita. Tekanan dapat menjadi kesempatan untuk memperdalam hubungan kita dengan Tuhan dan menemukan kekuatan baru dalam Dia. 

Bagaimana Orang Kristen Harus Merespons Tekanan dan Proses? |Next>>

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami