Seorang Anak Penjual Kue yang Berhasil Menjadi Dokter, Kisah Inspiratif Dr. Cissie Nugraha
Sumber: Solusi TV

Milenial / 10 January 2024

Kalangan Sendiri

Seorang Anak Penjual Kue yang Berhasil Menjadi Dokter, Kisah Inspiratif Dr. Cissie Nugraha

Claudia Jessica Official Writer
1414

Dr. Cissie Nugraha, seorang dokter, penulis, dan pembicara motivasi asal Indonesia adalah anak seorang penjual kue yang berhasil menjadi dokter yang sukses dan terkenal.

Kisah inspiratif perjuangan Dr. Cissie Nugraha diungkapkan langsung olehnya dalam kanal YouTube Solusi TV.

Meski awalnya berjualan kue di emperan, ia membuktikan dirinya mampu menjadi dokter terkemuka. Kisah hidupnya menjadi saksi betapa dahsyatnya pertolongan Tuhan dalam hidup Dr. Cissie.

Awal Perjalanan di Dunia Kue

Dr. Cissie lahir di Bandung dalam kondisi keluarga yang sulit. Orangtuanya tinggal di rumah bilik tanpa harta yang berarti. Saat usianya tiga tahun, keluarga Dr. Cissie merantau ke Jakarta dengan harapan dapat menjalani hidup yang lebih baik, meski kenyataannya tidak sesuai dengan harapan mereka.

 

BACA JUGA: Selamat Dari Gempa Palu, Ternyata Captain Ricosetta Mafella Hampir Mati Berkali-kali

 

Ayah Dr. Cissie menjadi penjual kue di Senen, Jakarta dengan kondisi yang sangat sederhana. “Jangan bayangin kayak toko ya, jadi itu cuma di emperan. Kita gak punya toko,” cerita Dr. Cissie kepada Brian Siawarta, pembawa acara Solusi Talks.

Memasuki masa Sekolah Dasar, Cissie berinisiatif untuk membantu orangtuanya dalam mempersiapkan kue untuk dijual oleh ayahnya. Bahkan Cissie tidak ingin membebani orangtuanya sehingga ia memberitahu ibunya untuk tidak lagi memberikan uang jajan baginya.

Meskipun hidup dalam keadaan sulit, Dr. Cissie mengungkapkan bahwa keluarganya tidak pernah mengeluh.

“Keadaannya susah banget, kita ga ada rumah, apalagi kendaraan. Buat makan sehari-hari aja udah bersyukur banget. Tapi papi sama mami tuh ga ada yang mengeluh,” ucapnya.

Menghadapi Krisis Moneter

Ketika Indonesia mengalami krisis moneter, keluarga Dr. Cissie harus menghadapi kesulitan karena harga bahan baku kue melonjak sehingga mereka tidak bisa lagi berjualan kue.

Akhirnya, Cissie yang kala itu duduk di Sekolah Menengah Atas memutuskan untuk membantu perekonomian keluarga dengan menjadi guru les private hingga mampu membiayai sekolahnya sendiri.

 

BACA JUGA: 3 Kesaksian Terbaik yang Berhasil Ubahkan Indonesia

 

Suatu ketika keluarga Dr. Cissie harus menghadapi kenyataan bahwa mereka tidak lagi memiliki tempat tinggal. Beruntung, ada saudara mereka yang berbaik hati untuk membiarkan rumahnya untuk ditempati keluarga Dr. Cissie. Bermodalkan lahan ini, ibu Dr. Cissie membuka usaha nasi padang.

Dengan motor tua yang dibeli dari tukang ojek, Dr. Cissie dan ayahnya pergi berbelanja sayur-sayuran, tak jarang ia juga berangkat kuliah diantar ayahnya dengan motor itu. Menyaksikan perjuangan orangtuanya membuat Dr. Cissie sedih dan terharu. Ia bertekad untuk membahagiakan orangtuanya apapun yang terjadi.

Berserah Kepada Tuhan

Penyerahan diri Dr. Cissie dimulai ketika ia berusia 18 tahun. Setiap hari, ia membaca Alkitab sebagai sumber kekuatan dan membangun imannya. Ia berkata, “Andalanku cuma Tuhan.”

Dalam sebuah kesempatan di menara doa, Dr. Cissie mendapatkan dorongan dari Tuhan melalui firman yang ia dapatkan dalam Yohanes 15:7 yang berisi, “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

Tidak muluk-muluk, Dr. Cissie hanya meminta hikmat Tuhan dalam hidupnya. Sejak saat itulah Dr. Cissie menjalani kehidupannya dengan penuh hikmat Tuhan.

 

BACA JUGA: Ada Harapan dan Kekuatan di Tengah Masa Sulit - Devina

 

Perjuangan Kuliah

Meski menjalani studi kedokteran yang melelahkan, Dr. Cissie tak pernah kehilangan semangat. Dari pagi sampai sore, ia mengikuti perkuliahan. Sepulang kuliah, Cissie masih harus memberikan les dan melanjutkan studi kedokteran di rumah. Meski begitu, Cissie mengaku mampu menjalani semua itu lantaran kekuatan dari Tuhan.

Lebih dari 20 tahun berkarir sebagai dokter, Dr. Cissie Nugraha berhasil membantu banyak orang mencapai berat badan ideal mereka. Kisahnya yang menginspirasi, mengajarkan kita bahwa ada harapan jika kita mau berserah kepada Tuhan.

Tonton kisah inspiratif Dr. Cissie Nugraha secara lengkap di YouTube Solusi TV atau video di bawah ini:

Sumber : Solusi TV
Halaman :
1

Ikuti Kami