Setelah Berjuang 5 Tahun, Beban Guru di Sekolah Ini Diringankan oleh Kurikulum Super5
Sumber: jawaban.com

Berita CBN / 7 November 2023

Kalangan Sendiri

Setelah Berjuang 5 Tahun, Beban Guru di Sekolah Ini Diringankan oleh Kurikulum Super5

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
925

KB Agape Creative Children, sebuah sekolah usia dini di Kabupaten Semarang, telah berjuang selama lima tahun penuh dalam pengembangan kurikulum mereka. Guru-guru di sekolah ini telah menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan, terutama ketika harus merancang modul kurikulum mereka sendiri. Selain itu, Dinas Pendidikan juga mengharapkan sekolah ini untuk terus mengupdate perkembangan kurikulum mereka, hal ini tentu menambah kompleksitas tugas mereka. Sistem penilaian dan asesment yang perlu mereka susun juga sering kali menjadi beban tersendiri. 

Bu Enggraini, Kepala Sekolah dan pengelola KB Agape Creative Children, berbicara tentang perjuangan guru-guru ini. "Kalau kita buat kurikulum sendiri itu, waktunya selalu nggak ada. Karena udah terlanjur capek juga. Kemudian yang berat itu kalau di sekolah kita harus bikin rencana untuk asesment, mau model ceklis dan sebagainya. Itu cukup makan waktu ya..." 

BACA JUGA : PAUD Super5 Bethesda Tarus Menjadi Dampak Bagi Sekitarnya.

Hingga akhirnya pada bulan Juli 2023, KB Agape Creative Children bergabung dengan program Super5. Guru-guru di sekolah ini merasa sangat bersyukur dan terberkati. Beban yang mereka rasakan seakan-akan mulai diringankan. 

 "Tapi pas saya lihat ini punya Super5, Puji Tuhan kita sudah terbantu, jadi kita bisa langsung berjalan. Kita tinggal menyesuaikan program tahunan saya yang sudah berjalan..." Tambah Bu Enggraini.  

Puji Tuhan, guru-guru bersama Bu Enggraini sangat merasa terberkati dengan adanya Modul Super5. Program ini membuka pikiran mereka secara signifikan. Sebagai contoh, ketika membahas tema modul "Aku dan Lingkungan," guru-guru sebelumnya hanya memiliki pemahaman terbatas tentang lingkungan, sebatas pepohonan dan kebersihan. Namun, setelah bergabung dengan Super5, mereka memperluas pemahaman mereka tentang lingkungan sekitar, menyadari bahwa lingkungan juga mencakup tetangga terdekat mereka. 

BACA JUGA : Tiga Tahun Sudah PAUD Ini Setia Memuridkan Anak Bersama Super5

Bergabungnya KB Agape Creative Children dengan Super5 telah membuka pintu menuju transformasi pendidikan yang lebih baik dan berdaya guna. Guru-guru di sekolah ini sekarang merasa lebih siap dan terberkati dalam membantu perkembangan siswa mereka, baik secara akademik maupun spiritual.  

Kami mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang Anda berikan dalam mendukung upaya CBN Indonesia dalam mengerjakan Amanat Agung melalui pembinaan generasi muda. Mari bersama-sama terus berpartisipasi dalam pembinaan generasi muda bersama kami. 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami