Jaga Kesehatan Tubuh dengan Menghindari Penggunaan 7 Barang ini Secara Bersama
Sumber: blogs.insanmedika.co.id

Health / 22 July 2023

Kalangan Sendiri

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Menghindari Penggunaan 7 Barang ini Secara Bersama

Bella Tiurma Official Writer
1146

Seringkali kita menemukan beberapa orang akan menggunakan barang secara bersamaan ketika merasa sudah memiliki hubungan yang sudah dekat. Namun, penggunaan barang pribadi perlu memperhatikan kebersihannya dengan bijaksana menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit. 

Hal ini perlu diperhatikan ketika kita berada pada lingkungan dengan banyak orang, seperti tempat kerja, sekolah, ataupun tempat umum lainnya. Secara tidak sadar penggunaan barang secara bersamaan dapat menyebabkan penularan kuman, bakteri, dan virus dari satu orang ke orang lainnya, serta meningkatkan risiko infeksi dan penyakir menular. 

Berikut 7 barang yang jangan digunakan bersama demi menjaga kesehatan tubuh. 

1. Sikat Gigi 

Berdasarkan sebuah studi yang telah dilakukan oleh nursing Study and Practice menunjukkan bahwa penggunaan sikat gigi oleh setiap orang memiliki segudang bakteri dan virus yang tersimpan. Bahkan saat kita menyikat gigi, tak jarang gusi kita akan mengeluarkan darah tanpa disadari, sehingga inilah salah satu yang dapat memicu berbagai dampak negatif bagi kesehatan mulut seseorang. 

Oleh karena itu, penggunaan sikat gigi secara bersama akan memiliki kemungkinan lebih besar terkena infeksi yang menyebabkan kerusakan pada kesehatan gigi kita. Terlebih kuman yang tersimpan pada bulu sikat gigi mampu menyebabkan infeksi tenggorokan. 

2. Handuk 

Ketika kita melakukan pemakaian secara bersamaan handuk dengan siapa pun, maka hal ini adalah sebuah kesalahan. Karena handuk yang kita pakai akan menjadi lembab, hangat, dan sering tergantung di ruang yang gelap, sehingga ketika handuk bersentuhan langsung dengan kulit kita bisa menjadi media penyebaran bakteri atau infeksi. 

3. Pakaian Dalam 

Mungkin kita suka menemukan beberapa orang meminjamkan pakaian dalamnya kepada orang lain meskipun pakaian dalam tersebut dalam keadaan bersih yang sudah dicuci. Tetapi berdasarkan sebuah penelitian menyatakan bahwa pakaian yang dicuci pada kondisi yang paling bersih sekalipun tidak mampu menghilangkan bakteri dan virus yang menempel. 

Pada beberapa kasus yang ditemukan, sejumlah orang menyatakan bahwa pernah melakukan pemakaian baju ataupun pakaian dalam secara bersamaan dengan saudara mereka sendiri. Sebenarnya, banyak sekali risiko yang akan kita dapatkaan ketika kebiasaan berbagi pakaian tetap dilakukan. Terutama pada pakaian dalam, karena segala sesuatu yang bersentuhan langsung dengan area intim pada badan kita sebenarnya tidak diperbolehkan untuk digunakan secara bersama-sama sebagai bentuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

4. Alat Kosmetik 

Terkhusus bagi para wanita yang suka merias wajah, penggunaan alat-alat kosmetik sangat perlu diperhatikan untuk tidak menggunakannya secara bersamaan. Karena menurut pendiri Eastside Dermatology & Skin Care Center di Ohio Alan, J. Parks menyatakan bahwa alat kosmetik memiliki kemungkinan untuk menjadi media penyebaran bakteri. 

Tak hanya itu, penggunaan alat perawatan badan apapun mampu menyebarkan virus dan bakteri, sehingga penggunaannya pun disarankan tidak dilakukan secara bersama-sama. Bahkan untuk menggunakan secara pribadi pun disarankan mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu sebelum menggunakan alat-alat kosmetik dan tidak dengan mudah meminjamkannya kepada orang lain. 

5. Sisir 

Kebanyakan orang penggunaan sisir seringkali sulit untuk menolak meminjamkan kepada teman. Namun kita perlu mengingat bahwa kondisi kepala setiap orang berbeda-beda, akibatnya permasalahan rambut dan kepala seseorang bisa saja tertular kepada kita melalui sisir. Tak hanya itu, melalui sisir kita dapat tertular atau menularkan infeksi jamur yang dapat menginfeksi kulit kepala saat penggunaan sisir secara bersamaan dengan orang lain. 

6. Sabun 

Mungkin beberapa orang baru mengetahui bahwa sabun batangan yang seringkali kita pakai mampu menjadi tempat bakteri yang berpindah dari kulit kita. Sehingga tidak disarankan untuk menggunakan sabun batangan yang dipakai secara bersamaan, salah satunya seperti sabun yang digunakan pada tempat umum. 

Selain itu, penggunaan spons mandi atau loofah juga tidak disarankan untuk digunakan secara bersamaan. Karena barang-barang tersebut akan tetap dalam kondisi lembab dan kuman pada tubuh kita akan tetap berada di dalam serat-seratnya. 

7. Sandal 

Salah satu barang yang tidak terduga mampu menyebabkan masalah kesehatan karena menjadi tempat berkembangnya jamur adalah penggunaan sandal secara bersamaan, terkhusus sandal yang dipakai di kamar mandi atau pun yang sering dibawa dalam perjalanan jauh. Salah satu contohnya ketika kita menggunakannya saat mandi, sandal akan tetap dalam keadaan lembab dan digunakan secara bersama-sama dengan orang lain, maka akan menimbulkan kemungkinan-kemungkinan tertularnya infeksi jamur.

Sumber : kompas.com | hindustantimes.com
Halaman :
1

Ikuti Kami