3 Poin Utama Deklarasi Jakarta 2023 pada Konferensi Internasional Antar Umat Beragama
Sumber: pgi.or.id

News / 30 May 2023

Kalangan Sendiri

3 Poin Utama Deklarasi Jakarta 2023 pada Konferensi Internasional Antar Umat Beragama

Bella Tiurma Official Writer
1664

Begitu banyaknya persoalan yang terjadi mengenai geopolitik dan berbagai jenis krisis secara global yang mampu mendorong banyak pihak dalam mencari pilihan solusi dari berbagai macam sektor. Ketika melihat peran agama dalam persoalan ini, maka agama dianggap memiliki peran yang sangat strategis sebagai pedoman dalam membentuk perdamaian, keadilan, dan kesejahteraan setiap masyarakat. 

Oleh karena itu, melalui konferensi internasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) meresmikan konferensi ini mengangkat topik agama, perdamaian, dan peradaban, yang dilaksanakan pada pekan lalu 21 – 23 Mei 2023 di Hotel Sultan, Jakarta. 

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Eksekutif Bidang KKC PGI, Pdt. Jimmy Sormin yang menjadi salah satu narasumber dalam konferensi internasional ini menegaskan bahwa nilai-nilai moralitas yang dimiliki setiap agama dan komunitasnya mampu menjadi solusi atas masalah global yang berdampak kepada krisisnya moral. 

“Memang dunia telah mengalami progres ke arah konnvergensi, yang ditandai dengan semakin meningkatnya harapan hidup, setelah ditemuinya beragam obat atau penanganan terhadap beragam penyakit, serta berkurangnya peperangan yang menimbulkan banyak kematian. Namun demikian krisis moral memang tetap menjadi pekerjaan rumah, bahkan semakin serius. Korupsi dimana-mana, eksploitasi terhadap alam dan sumber daya, dan masih banyak contoh lain. Di sinilah peran agama sangat dibutuhkan, karena kaitannya dengan moralitas.” tegas Pdt Jimmy yang dikutip langsung melalui laman pgi.or.id

Ia menambahkan bahwa adanya tantangan tambahan dari digitalisasi di era revolusi 4.0 saat ini dapat menuntut para tokoh agama supaya dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan digitalisasi ini. Hal ini perlu dilakukan guna agama dan nilai-nilainya selalu berkesinambungan dengan perkembangan zaman. 

Konferensi ini dihadiri oleh seluruh tokoh agama dan akademisi yang pada umumnya dari kalangan muslim. Tak hanya berasal dari Indonesia dan Asia saja, tetapi dari berbagai negara Timur Tengah dan belahan dunia lainnya. 

Hasil Konferensi Internasional mengeluarkan Deklarasi Jakarta 2023 dengan tiga poin utama, yaitu 

1. Agama adalah sumber ajaran transformasional sebagai pedoman bagi penganutnya untuk hidup damai, harmoni, dan menjadi inspirasi dalam membangun peradaban. Karena mengajarkan nilai-nilai universal, seperti hak dan kewajiban asasi manusia, toleransi, kesetaraan, dan persaudaraan kemanusiaan. 

2. Perbedaan adalah keniscayaan. Pemerintah dan kekuatan civil society harus berupaya menjaga, menghormati, dan melindunginya, serta mendorong menjadi kekuatan bersama dalam membangun kemajuan peradaban. Untuk itu, kerukunan antarumat beragama harus terus dilakukan. 

3. Diperlukan langkah konkret secara bersama memperkokoh aliansi global dalam ikut serta menyelesaikan berbagai konflik melalui dialog agar dapat menciptakan keamanan, perdamaian, dan dapat bersama-sama membangun peradaban.

Sumber : pgi.or.id
Halaman :
1

Ikuti Kami