5 Kebiasaan Sederhana dalam 5 Menit yang Mampu Menjaga Kesehatan Tubuh
Sumber: freepik.com

Health / 21 May 2023

Kalangan Sendiri

5 Kebiasaan Sederhana dalam 5 Menit yang Mampu Menjaga Kesehatan Tubuh

Bella Tiurma Official Writer
1089

Kebutuhan untuk melakukan suatu perawatan tubuh di luar hal-hal mendasar lainnya sangatlah sulit bagi kebanyakan orang yang memiliki aktivitas padat. Tak jarang seseorang yang memiliki hambatan untuk membangun hidup sehat ditengah kesibukannya. 

Namun, tahukah Anda bahwa ada kebiasaan sederhana yang praktis  dan cepat mampu dilakukan dalam kurun waktu lima menit atau kurang untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan tubuh. 

Bagi seseorang yang tidak memiliki keyakinan untuk mampu menyediakan waktunya berolahraga, cobalah pertimbangkan beberapa kebiasaan sederhana berikut untuk memanfaatkan waktu luang di sela-sela kesibukan yang kurang produktif dan menghabiskan waktu hanya bermain media sosial.

Baca Juga : Kebiasaan Sederhana Apa yang Baru Anda Sadari Ternyata Berdampak Bagi Kesehatan?

1. Relaksasi dengan Mengatur Pernapasan 

Kesibukan yang padat tentu akan membuat seseorang akan mengalami stres atau burnout dalam pekerjaannya. Sehingga setiap orang dapat mengambil jeda di sela-sela kesibukannya tersebut dengan mengambil napas sejenak yang panjang dan dalam melalui hidung. 

Melakukan pengaturan pernapasan ini dapat Anda lakukan tanpa mengambil banyak waktu di tengah kesibukan untuk mendapatkan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Dalam waktu hitungan detik, melakukan pengaturan pernapasa dapat merangsang respon relaksasi secara fisik untuk menghambat produksi hormon yang memicu risiko stres meningkat, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan detak jantung. 

Dengan melakukan pengaturan pernapasan secara rutin dan konsisten, seseorang mampu melatih pernapasannya dengan lebih baik lagi, mampu memperbaiki postur tubuh, dan mengurangi rasa sakit. 

2. Menggerakan Tubuh Sederhana 

Ketika bekerja dengan kurun waktu yang lama dan tidak banyak bergerak, terutama seseorang yang bekerja dengan posisi duduk terlalu lama, tak hanya memberikan dampak bagi kesehatan fisik saja. Tetapi akan memberikan efek pada kesehatan mental, menjadi depresi, bahkan akan memicu peningkatan risiko kematian. 

Dengan menggerakan tubuh secara sederhana yang ringan sebagai bentuk merenggangkan otot badan selama lima menit setiap beberapa jam dalam sehari akan menghasilkan perbedaan pada tubuhnya. Cara menggerakan tubuh sederhana ini dapat dilakukan secara bebas setiap orangnya, yang terpenting dalam hal ini setiap orang mampu menjaga tubuh tetap bergerak.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Sesuai dengan Tipe Tubuh Anda

Melalui jenis olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak waktu tidak menjadi masalah selama tubuh kita tidak diam duduk seharian. Anda dapat melakukan olahraga yoga yang hanya membutuhkan waktu lima menit saja, latihan beban tubuh, atau dengan bergerak menari mengikuti irama lagu yang sedang mengalun. 

3. Menjalin Hubungan Komunikasi dengan Orang di Sekitar 

Dengan meluangkan waktu lima menit untuk didengar dan dilihat setiap hari oleh orang di sekitar, mampu menjaga kesehatan tubuh tertutama bagi kesehatan mental seseorang. Ketika seseorang tidak dapat bertemu dengan teman atau orang terdekatnya secara langsung, dengan menggunakan ponsel yang sudah bisa terhubung dengan panggilan video dapat menguntungkan bagi seseorang yang sedang stres. 

Namun, dengan melakukan komunikasi secara langsung dengan orang lain akan jauh lebih baik dibandingkan secara virtual. Karena melalui komunikasi dengan cara apapun sebenernya akan membantu seseorang merasa didukung untuk menghindari perasaan kesepian dan terasingkan. 

4. Menyediakan Makanan Ringan yang Sehat 

Ketika seseorang sudah melakukan kesibukannya, akan memberikan efek kemalasan bagi kebanyakan orang untuk berjalan jauh hanya sekedar mempersiapkan makanan ringan yang sehat. Sehingga jarak jangkauan yang mudah merupakan faktor penting bagi beberapa orang. Hanya menghabiskan waktu lima menit saja seseorang dapat menyiapkan makanan sehat untuk dimakan sebagai makanan ringan. 

Beberapa ahli gizi dan pelatih kebugaran telah memberikan sosialisai manfaat-manfaat menyiapkan makanan mingguan. Dengan meluangkan waktu lima menit setiap harinya untuk mencuci dan memotong buah dan sayur akan memberikan dampak yang baik sebagai proses hidup sehat.

Baca Juga : 10 Ayat Alkitab Pengingat Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

5. Berjalan Cepat

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa sepuluh ribu langkah akan memberikan tingkat kesehatan tubuh yang baik. Karena dengan berjalan sehat akan mengurangi risiko kanker, jantung, bahkan menurunkan tingkat kematian dini. Sehingga hanya dengan berjalan kaki selama lima menit di lingkungan sekitar atau di dalam gedung kantor akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Melalui berjalan secara rutin selama lima menit per tiga puluh menit akan menghasilkan turunnya tekanan darah dan gula darah. Sehingga tak perlu melakukan sebuah usaha yang ekstra untuk mencapai kesehatan tubuh yang lebih baik lagi. Dengan melakukan latihan secara konsisten akan menjadi sebuah kebiasaan baik yang sehat dan berkelanjutan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik lagi.

Halaman :
1

Ikuti Kami