Kuasa Iman dan Doa Nehemia Dalam Melalui Krisis
Kalangan Sendiri

Kuasa Iman dan Doa Nehemia Dalam Melalui Krisis

Lori Official Writer
      2691

Fearless Faith Seri 5: Contoh orang-orang yang memiliki iman tanpa rasa takut

 

Ayat Renungan: Nehemia 4: 14, "Jangan kamu takut terhadap mereka! Ingatlah kepada Tuhan yang maha besar dan dahsyat dan berperanglah untuk saudara-saudaramu, untuk anak-anak lelaki dan anak-anak perempuanmu, untuk isterimu dan rumahmu."

Nehemia dipilih oleh Tuhan untuk memimpin pembangunan kembali tembok Yerusalem setelah bangsa Israel kembali dari pembuangan di Babel. Meskipun menghadapi banyak rintangan dan oposisi, Nehemia tetap setia dalam memimpin dan membangun kembali kota itu. Nehemia percaya bahwa Allah akan memberikan kekuatan dan kemenangan atas musuh-musuhnya. 

Sebagai contoh, ketika musuh-musuhnya mencoba mengganggu proyek pembangunan, Nehemia memerintahkan bangsanya untuk terus berjuang dan tidak takut: "Jangan takut terhadap mereka, ingatlah Tuhan yang besar dan dahsyat itu, dan perjuangkanlah saudaramu, anak-anakmu, anak-anakmu perempuan, istri-istri, dan rumah-rumahmu" (Nehemia 4:14). Nehemia memimpin umat Israel dengan teladan iman dan ketaatan kepada Tuhan. 

Selain itu, Nehemia juga sangat peduli akan kehidupan rohani bangsanya. Ketika ia mengetahui bahwa orang-orang Israel tidak mengikuti hukum Allah, Nehemia meratapi dosa-dosa bangsanya dan meminta ampun atas namanya (Nehemia 1:4-7). Ia juga memperjuangkan pengajaran dan pemahaman terhadap hukum Allah agar umat Israel dapat hidup sesuai dengan kehendak-Nya. 

Iman seorang Nehemia memberikan kita teladan yang kuat tentang menjadi pribadi yang selalu dekat dengan Tuhan. Melalui iman dan doa-doa Nehemia, dia bisa dipakai Tuhan untuk membawa perubahan bagi bangsanya. Kita juga bisa mendapat pertolongan seperti Nehemia jika kita mau datang "dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya." (Ibrani 4: 16).

 

Action: Ambil waktu rutin membaca dan mempelajari Firman Tuhan dan berdoa secara teratur dan praktekkan kebenaran yang kamu sudah pelajari setiap hari. 

Ayat Hafalan: Ulangan 31:6-8, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” 

Ikuti Kami