Kamu Mengalami Anxiety? Baca 5 Buku Ini Agar Kamu Tahu Cara Mendapatkan Ketenangan
Sumber: sekolahnesia.com

News / 11 May 2023

Kalangan Sendiri

Kamu Mengalami Anxiety? Baca 5 Buku Ini Agar Kamu Tahu Cara Mendapatkan Ketenangan

Bella Tiurma Official Writer
1003

Dalam menjalani kehidupan, tak jarang seseorang merasakan kecemasan bahkan hingga ketakutan yang berlebih. Dimana pada kenyataannya beberapa gereja menyalahartikan kecemasan atau anxiety yang merupakan masalah kesehatan mental yang perlu didukung secara pertumbuhan spiritual. Banyak orang percaya yang memiliki pergumulan yang menyebabkan dirinya merasa cemas akan rasa bersalahnya ataupun dalam faktor lainnya yang tidak dapat dihindari. 

Dalam Mazmur 94 : 18 “Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.” Melalui ayat ini kita dapat belajar dari Daud yang memiliki pergumulan dengan kecemasan tetapi ia mau belajar untuk mengalami kehadiran Tuhan supaya memperolah pengiburan atas kecemasannya. 

Kecemasan yang menyerah seseorang dapat memicu kepanikan, sehingga mereka perlu untuk selalu mengungkapkan kekhawatirannya secara nyata di hadapan Tuhan dan mengalihkan fokusnya kepada karakter Kristus. Dimana kunci dalam pengalihan fokus kita kepada Tuhan dengan lebih mengenal dan dekat padaNya. Sehingga Roh Kudus akan membantu setiap orang dalam menenangkan hatinya yang cemas. 

Berikut ini beberapa buku Kristiani yang dapat membantu kamu dalam mengatasi kecemasan yang berlebih. 

1. Psalms for The Anxious Heart oleh Becky Harling 

Dengan ketidakpastian, ketakutan, dan kecemasan yang terus meningkat, tentu memerlukan tempat yang dapat memberikan ketenangan. Dimana bagi kebanyakan orang, sebuah harapan untuk kembali ke kehidupan normal setelah banyak melewati tantangan dan kesulitan perlahan digantikan oleh rasa takut akan ketidakpastian dikemudian hari. 

Melalui buku ini yang menjelaskan bahwa pemazmur kerap mengalami pergumulan dengan kecemasan. Dimana dalam buku ini memberikan renungan singkat harian yang menawarkan proses ketenangan akan kebenaran dan kedamaian. Renungan harian yang mencakup Firman Tuhan dalam Mazmur yang memberikan pengajaran singkat, kebenaran yang dapat dipegang teguh, serta diberikan lagu-lagu untuk membantu proses ketenangan diri. 

2. Calm My Anxious Heart oleh Linda Dillow 

Linda Dillow melalui buku yang ditulisnya menggunakan penggambaran perempuan dari berbagai budaya yang telah berjuang dalam melawan kecemasan, sehingga beroleh ketenangan dan kedamaian dengan tetap percaya pada Tuhan. 

Melalui bukunya, penulis memberikan dorongan dan bantuan praktis untuk mengatasi kecemasan yang disertai dengan pengajaran Alkitab. Dimana setiap pembaca dapat menemukan apa yang Alkitab katakan tentang kecemasan dan kepuasan, serta bagaimana cara penerapan di kehidupan sehari-hari. 

3. Anxious For Nothing oleh Max Lucado 

Penulis mendorong para pembaca untuk melepaskan rasa bersalah yang tertanam di dalam dirinya, dimana pelepasan rasa bersalah ini dapat membantu dalam memerangi kecemasan. Penulis juga memberikan pengajaran bagaimana cara seseorang dapat menukarkan rasa takut dan cemas dengan ungkapan syukur dan ketenangan. 

Meskipun penulis menyadari bahwa kecemasan tidak mungkin dapat dihindari, tetapi ia dapat menunjukkan kepada para pembaca mengubah cara mereka melihat suatu permasalahan yang dapat memicu setres, menemukan kenyamanan dalam Tuhan, dan dapat fokus pada hal-hal positif serta kebenaran Firman Tuhan. 

4. Anxiety Elephants oleh  Caris Snider 

Buku ini merupakan renungan harian dalam 31 hari yang ditulis untuk membantu para pembaca memiliki sebuah harapan dan alat sebagai bentuk mengatasi kecemasan yang menyerang kehidupan sehari-hari. Dalam buku ini juga akan digambarkan pada setiap pembacanya bahwa mereka tidak pernah sendirian dalam menjalani perjalanan hidupnya. Dimana Tuhan akan selalu menyertai para pembaca dan membantu pembaca menghilangkan ketakutan hingga merasakan putus asa yang mampu menyesakkan hati, jiwa, dan pikiran.  

5. The Extraordinary Power of Praise oleh Becky Harling 

Ketika tingkat setres meningkat, setiap orang dapat menenangkan hati yang cemas dengan kedamaian dan pujian dalam Tuhan. Melalui buku ini penulis ingin menunjukkan kepada setiap pembacanya bahwa adanya kekuatan pujian yang luar biasa dalam membantu seseorang untuk dapat mempraktekkan sebuah proses atau langkah dalam meredakan kecemasan, menemukan sukacita sebagai pengganti kecemasan, dan belajar untuk mencurahkan isi hati serta pikiran pada Tuhan dalam sebuah pujian. 

Buku dalam bentuk renungan yang disediakan untuk selama enam minggu ini dapat berpengaruh bagi setiap pembaca untuk mengalami sukacita sejati atas kehadiran Tuhan, mengembangkan sudut pandang yang positif ditengah tekanan, dan menemukan kemenangan akan ketakutan serta kecemasan.

Sumber : crosswalk.com | goodreads.com
Halaman :
1

Ikuti Kami