5 Tips Agar Tubuh Kamu Tetap Aman Saat Terpapar Cuaca Panas
Sumber: Jawaban.com

Health / 29 April 2023

Kalangan Sendiri

5 Tips Agar Tubuh Kamu Tetap Aman Saat Terpapar Cuaca Panas

Bella Tiurma Official Writer
959

Sebulan terakhir ini di Indonesia sendiri tengah dilanda cuaca panas yang meningkat dari biasanya. Kondisi ini kerap terjadi karena di Indonesia telah memasuki musim kemarau, sehingga suhu pun turut meningkat. Oleh karena itu, dalam menghadapi kondisi seperti ini penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Dimana setiap orang harus tetap menjada tubuh terhidrasi dengan baik selama cuaca panas menerpa, supaya terhindar dari gangguan kesehatan akibat paparan cuaca panas. 

Berikut 5 tips yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap aman dan sehat saat cuaca panas, sehingga dapat berkegiatan di luar secara normal. 

1. Banyak minum air putih 

Dampak pertama yang dirasakan oleh kebanyakan orang adalah hilangnya cairan tubuh. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Oleh karena itu, ketika kamu berada di tempat dengan cuaca yang sangat panas, sebaiknya perbanyak minum air putih lebih dari biasanya. Cara ini untuk menjaga kestabilan cairan dalam tubuh manusia. Namun, hindari memakan ataupun meminum yang mengandung kafein karena bersifat diuretik atau menjadi pemicu hilangnya cairan tubuh.

Baca Juga :  Suhu Panas Meningkat, Waspadai 9 Dampak Cuaca Panas Bagi Kesehatan Tubuh

2. Mengkonsumsi buah-buahan 

Setiap orang terutama yang banyak melakukan kegiatan di luar ruangan, sebaiknya memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi. Cara ini memiliki manfaat yang sama seperti memperbanyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi. 

Di sisi lain, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan dapat membantu menambah kekebalan tubuh. Sehingga dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan akan memenimalisir terkena gangguan kesehatan akibat cuaca panas. Selain itu, setiap orang seminimal mungkin untuk tidak mengkonsumsi makanan yang asin, karena kandungan tinggi garam dapat membuat tubuh manusia akan cepat haus, lapar, ataupun dehidrasi. 

3. Gunakan krim pelembap dan sunscreen (tabir surya) 

Ketika ingin melakukan kegiatan di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung, sebaiknya setiap orang dapat secara rutin menggunakan krim pelembap ataupun sunscreen. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap karena cuaca panas akan membuat kulit cepat kering, serta untuk meminimalisir kulit terbakar karena paparan sinar matahari.  

4. Memakai pakaian berbahan tipis 

Cuaca panas akan membuat tubuh manusia mengeluarkan keringat yang berlebih, sehingga pemakaian pakaian dengan bahan yang tipis dan sejuk akan mengurangi rasa panas. Selain itu, penggunaan pakaian berbahan tipis juga akan lebih mudah menyerap keringatan dan tidak menyimpan panas. Melalui cara ini tubuh tidak akan menyimpan suhu panas dan akan terasa sejuk.

Baca Juga : Cuaca Panas Bikin Kulit Kena Biang Keringat, Buat Kulit Mulus Kembali Dengan 4 Cara Ini

Dalam pemilihan pakaian tidak hanya diperhatikan dari bahannya saja, tetapi dari pemilihan warna juga dapat mempengaruhi penyerapan panas. Sebisa mungkin hidari pemakaian baju yang berwarna gelap atau hitam.  

5. Menghindari terpapar matahari langsung 

Upaya yang dapat dilakukan oleh setiap orang dalam menjaga tubuh tetap aman dari cuaca panas adalah menghindari paparan langsung matahari ke tubuh. Kondisi ini dapat dilakukan dengan penggunaan pelindung tambahan, seperti topi, payung, atau penutup lainnya. Sehingga tubuh tidak terkena sinar matahari langsung yang dapat memberikan dampak kulit terbakar atau iritasi. 

5 tips diatas dapat kamu gunakan untuk bisa bertahan pada kondisi cuaca panas dan menjaga tubuh tetap aman dan sehat. Selalu pastikan kondisi tubuh tetap prima selama musim kemarau ini ya.

Sumber : halodoc.com | ruparupa.com
Halaman :
1

Ikuti Kami