Fakta Alkitab: Sekte Sesat yang Ada di Bumi Sebelum Akhir Zaman
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 27 April 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Sekte Sesat yang Ada di Bumi Sebelum Akhir Zaman

Claudia Jessica Official Writer
2686

Istilah sekte atau bidat berasal dari kata Yunani, "hairesis", yang berarti "memilih. " Sekte atau bidat memiliki makna perlawanan terhadap pendapat atau otoritas yang berlaku. Istilah "bidat" hanya muncul sekali dalam Perjanjian Baru (Titus 3:10) dan berarti "sektarian" dan bukan orang yang berada dalam kesalahan.

Seiring berjalannya waktu, bidat didefinisikan sebagai kesalahan dalam menjalankan agama yang secara sengaja dan terus-menerus yang bertentangan dengan kebenaran yang sudah didefinisikan dan dinyatakan oleh gereja dengan cara yang otoritatif.

Berikut Fakta Alkitab tentang Ajaran Sesat Jelang Kiamat!

Abad ke-2 hingga ke-3, sejumlah besar sekte Kristen mulai bermunculan. Beberapa sekte memiliki penafsiran Kitab Suci yang berbeda dengan penafsiran gereja mula-mula. Mereka di antaranya adalah:

 

BACA JUGA: 3 Website Ini Banyak Jebak Orang Kristen, Berisi Ayat Alkitab Meski Sebenarnya Sekte Lain

 

1. Kaum Ebionite (dari kata Ibrani yang berarti miskin, atau rendah hati) menganggap diri mereka sebagai pengikut sejati Kristus dan murid-murid-Nya yang miskin. Mereka percaya bahwa Yesus hanya seorang manusia, seorang nabi, juru bicara Tuhan. Tapi Kaum Ebionit menganggap Paulus sebagai seorang bidah, karena ia tidak mewajibkan orang non-Yahudi untuk menaati hukum Taurat.

2. Kaum Elkasa: Sekitar tahun 220 M, seorang Suriah bernama Alcibiades, dari Apamea. Ia membawa Kitab Elkasa (atau kekuatan tersembunyi) ke Roma. Alcibiades menyatakan bahwa kitab Elkasa telah turun dari surga sekitar tahun 101 M. Kaum Elkasa menggambarkan Kristus sebagai malaikat yang berinkarnasi dalam tubuh manusia. Mereka mencampurkan unsur-unsur keyakinan kuno dengan ide-ide Yahudi-Kristen dan berfokus pada astronomi dan sihir.

 

BACA JUGA: Dengan Dalih Akan Bertemu Yesus, Pemimpin Sekte Meminta Pengikutnya Untuk Tidak Makan

 

3. Kaum Nikolaus didirikan oleh Nikolaus, yang berasal dari Antiokhia. Dia salah satu dari tujuh diaken yang disebutkan dalam Kisah Para Rasul 6. Ajaran dasar mereka adalah penyaliban daging. Namun, untuk mengetahui bagaimana menyalibkan daging, seseorang harus terlebih dahulu memanjakan daging dengan segala hawa nafsu dan gairahnya.

Penafsiran Alkitab secara kontroversial terus berlangsung hingga abad ke-20

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami