Biar THR Gak Numpang Lewat, Yuk Simak Cara Atur THR dengan Bijak Ini
Sumber: canva.com

Finance / 19 April 2023

Kalangan Sendiri

Biar THR Gak Numpang Lewat, Yuk Simak Cara Atur THR dengan Bijak Ini

Claudia Jessica Official Writer
1049

Tunjangan Hari Raya atau THR adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak karyawan di Indonesia. THR yang biasanya diterima menjelang hari raya keagamaan bisa menjadi tambahan uang untuk biaya mudik, membeli pakaian baru, atau memperbaiki rumah. Kendati pendapat yang didapat bertambah, diiringi dengan pengeluaran yang membengkak.

Ada banyak faktor yang menyebabkan pengeluaran jadi membengkak, misalnya belanja baju baru, memberikan amplop untuk sanak saudara, biaya transportasi mudik, memberi bingkisan atau parsel, memberikan sedekah, dan masih banyak lagi kebutuhan-kebutuhan lain yang sebenarnya tidak terlalu penting hingga membuat kita merasa “Kok THR saya cuma numpang lewat ya?”

Nah, supaya THR Anda gak “numpang lewat”, yuk simak 4 cara atur THR dengan bijak ini:

1. Penuhi kewajiban dan pisahkan dana untuk belanja di hari raya

Sebelum menggunakannya untuk keperluan lain, sebaiknya alokasikan uang THR terlebih dahulu untuk membayar kewajiban kita, misalnya untuk perpuluhan (Mal. 3:10). Setelah memenuhi kewajiban tersebut, Anda bisa mengalokasikan 50% dari THR untuk belanja keperluan hari raya, termasuk biaya mudik. Selain itu, Anda juga memberikan sebagian berkat Anda kepada orang-orang yang membutuhkan atau kepada rekan-rekan seperti asisten rumah tangga, supir, office boy di kantor, dan lainnya.

 

BACA JUGA: Jika 5 Hal Ini Kamu Coba, Dijamin Bonus atau THRmu Nggak Akan Ludes Tanpa Makna

 

2. Membayar Hutang

Mungkin Anda akan berpikir, “Dapat THR kok malah buat bayar hutang?”

Membayar hutang adalah tanggungjawab moral dan finansial yang harus dipenuhi. Terlebih lagi hutang yang belum terbayar dapat membuat bunganya semakin tinggi sehingga Anda mungkin saja mengalami kesulitan untuk melunasinya di kemudian hari.

Dengan membayar hutang atau membayar cicilan saat menerima THR, akan membantu Anda untuk meringankan beban Anda di bulan berikutnya atau Anda juga bisa menyelesaikan hutang atau cicilan Anda lebih cepat daripada yang seharusnya.

 

3. Alokasikan dana untuk investasi

Pernahkah Anda mendengar pernyataan, “Semakin banyak berinvestasi, semakin banyak pula keuntungan yang akan didapatkan”?

Mempersiapkan masa depan dan melakukan investasi adalah bagian penting untuk dipertimbangkan selain merayakan hari raya. Kita dapat memanfaatkan THR untuk tujuan tersebut seperti membeli polis asuransi, menambah jumlah investasi dan asuransi, sehingga keuntungan dan manfaat yang diperoleh lebih optimal. Agar tercapai, kita bisa menggunakan sekitar 30% dari uang THR untuk mempersiapkan masa depan.

 

BACA JUGA: 5 Tips Bijak Atur THR Anda Biar Gak Tekor

 

4. Isi dana darurat

Sisa uang THR dapat dialokasikan untuk mempersiapkan dana darurat, yang merupakan dana untuk kebutuhan tak terduga yang mungkin muncul di luar rencana kita.

Semakin cepat dana darurat terpenuhi sesuai kebutuhan, maka kita akan merasa lebih tenang dan siap untuk menghadapi segala kemungkinan dari keadaan yang tidak kita inginkan. Misalnya seperti kecelakaan, sakit, atau kehilangan pekerjaan, mengganti ponsel atau laptop yang rusak. Ketika keadaan yang tidak diinginkan tersebut terjadi, kita tidak perlu terlalu khawatir dan stres karena tidak memiliki cadangan uang yang cukup untuk menghadapi situasi darurat tersebut.

Terlebih lagi, dana darurat bisa membantu kita menghindari hutang yang tidak diperlukan ketika terjadi terjadi keadaan darurat yang memerlukan biaya yang besar.

Dengan keempat cara bijak ini, semoga THR Anda gak numpang lewat ya! Ingat ya, Tuhan memberikan berkat-Nya untuk kita kelola dengan bijak agar menjadi berkat juga bagi orang lain.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami