Gerejanya Dapat Izin Pembangunan Gereja, Romo Antonius: “Ini Hadiah Ulang Tahun Saya”
Sumber: bekasikab.go.id

News / 17 April 2023

Kalangan Sendiri

Gerejanya Dapat Izin Pembangunan Gereja, Romo Antonius: “Ini Hadiah Ulang Tahun Saya”

Claudia Jessica Official Writer
1201

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Gereja Katolik Paroki Ibu Teresa Cikarang akhirnya dapat izin pembangunan gereja setelah menanti selama 18 tahun. Romo Antonius Suhardi Antara (Aan) selaku Kepala Pastor Teresa Cikarang mengatakan bahwa izin pembangunan Gereja Katolik Paroki Ibu Teresa Cikarang seperti kado ulang tahun untuknya.

Pemberian izin pembangunan Gereja Katolik Paroki Ibu Teresa Cikarang itu diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang didampingi oleh Bupati Bekasi, Dani Ramdan di aula Gereja Ibu Teresa pada Selasa 11 April lalu.  

“Itu (izin pemberian gereja) jadi salah satu hadiah ulang tahun saya, karena ulang tahun saya itu hari Kamis,” ujar Antonius seperti yang pada hari Rabu (12/04/2023) seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Menurut Antonius, pemberian izin pembangunan gerejanya adalah berkat yang Tuhan siapkan untuknya dan seluruh jemaat Gereja Katolik Paroki Ibu Teresa Cikarang. Terlebih lagi momen pemberian izin itu berdekatan dengan Tri Hari Suci Paskah dan hari ulang tahunnya.

“Itu (pemberian izin) momennya kebetulan rencananya di Tri Hari Suci, Jumat-Minggu tapi ternyata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil enggak bisa waktunya. Jadi, hari Jumat (7/4) diumumkan dan diserahkan secara resmi Selasa (11/4) sore,” ucap Antonius.

 

BACA JUGA: Akhirnya! Setelah 18 Tahun, Gereja Paroki Cikarang Ibu Teresa Dapat Izin Pembangunan

 

Antonius mengungkapkan bahwa Umat Gereja Ibu Teresa telah memulai upaya untuk mendapatkan izin pembangunan gereja sejak 18 tahun lalu. Selama hampir satu dekade, mereka mengalami banyak kendala dan tantangan, salah satunya adalah kurangnya respons dari Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap pengajuan izin tersebut. Padahal, pada tahun 2012, proses perizinan pembangunan gereja telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Agama.

"Nah, itu. Agak lama karena memang enggak ditanggapi terus. Enggak ada tanggapan sama sekali. Kami mau bertemu, mau audiensi, itu enggak ada dari Pemkab," cerita Antonius.

Perjuangan mendapatkan izin bangunan gereja ini pun sempat tertunda selama dua tahun karena Romo Antonius pindah tugas dan digantikan oleh Romo yang lain.

"Sampai akhirnya di tahun 2017, saya balik lagi ke Cikarang, saya lanjut urus perizinan, saya proses lagi, saya tulis surat lagi, saya mau ketemu, tetap tidak ada tanggapan," cerita Antonius lagi.

 

Kisah perjuangan Gereja Katolik Paroki Ibu Teresa Cikarang selengkapnya bisa Anda baca melalui artikel: Cerita Dibalik Terbitnya Izin Pembangunan Gereja Paroki Ibu Teresa Lippo Cikarang

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami