3 Tips Bijak Orang Tua Mencegah Anoreksia pada Anak
Sumber: canva.com

Relationship / 15 April 2023

Kalangan Sendiri

3 Tips Bijak Orang Tua Mencegah Anoreksia pada Anak

Wisnu Prianggani Contributor
1007

Ariana Grande baru-baru ini menjadi pembicaraan publik dan bahkan membuat khawatir para penggemarnya karena kondisi tubuhnya yang saat ini dianggap semakin kurus. Apakah anggapan para penggemar benar kalau penyanyi terkenal itu menderita anoreksia? Sebenarnya apa itu anoresia?

Anoreksia adalah gangguan makan yang serius dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Meskipun sebenarnya anoreksia lebih sering terjadi pada remaja dan orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami anoreksia. Perlu diketahui bahwa anoreksia pada ana dapat mengakibatkan gangguan kesehatan fisik, gangguan kesehatan menal, gangguan pertumbuhan, gangguan reproduksi, bahkan sampai kematian.

Oleh karena itu Orang tua harus memainkan perannya yang penting dalam mencegah anoreksia pada anak-anak mereka. Berikut adalah 3 tips bijak yang dapat membantu orang tua mencegah anoreksia pada anak.

1. Membangun pola makan yang sehat

Orang tua harus membangun polah makan yang sehat dan positif pada anak, karena ini adalah kunci utama untuk mencegah anoreksia. Orang tua perlu mengajarkan anak-anak mereka tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, serta diberi pemahaman tentang nutrisi yang diperlukan oleh tubuh mereka dan bagaimana cara memperolehnya dari makanan sehari-hari. Selain itu, orang tua juga perlu menciptakan lingkungan yang positif dan santai saat makan. Hindari tekanan untuk memaksa anak makan lebih banyak dari yang mereka inginkan atau merasa nyaman. Jangan memaksakan anak untuk makan ketika mereka tidak merasa lapar atau terlalu lelah untuk makan. Sebaliknya, biarkan anak menikmati makanannya dan memilih makanan yang mereka sukai.

 

Baca Juga: Kisah Mantan Miss Amerika Sembuh Dari Anoreksia Berkat Alkitab

 

2. Memantau perilaku makan

Perilaku makan anak perlu dipantau agar Orang tua dapat menyadaru jika ada tanda-tanda perubahan perilaku yang mungkin mengindikasikan adanya masalah makan. Misalnya, jika anak tiba-tiba tidak lagi tertarik untuk makan atau memilih hanya makan jenis makanan tertentu, bisa jadi itu adalah tanda awal dari anoreksia. Orang tua juga perlu memperhatikan perubahan fisik pada anak, seperti penurunan berat badan yang tiba-tiba atau tanda-tanda ketidakseimbangan nutrisi.

 

3. Membangun rasa percaya diri

Rasa percaya diri yang sehat dan positif pasti akan membuat anak jauh dari anoreksia. Orang tua dapat membantu membangun rasa percaya diri anak dengan memberikan pujian dan dukungan positif. Berikan mereka perhatian yang cukup dan berikan dorongan yang tepat saat anak melakukan hal-hal yang baik. Anak-anak yang merasa dihargai dan diakui memiliki kecenderungan lebih sedikit untuk mengalami gangguan makan. Namun, perlu diingat bahwa pujian harus diberikan secara seimbang dan tidak berlebihan. Anak-anak juga perlu diajarkan untuk memahami bahwa nilai mereka bukan hanya berdasarkan pada penampilan fisik mereka.

Orang tua, jika ada tanda-tanda perubahan perilaku makan pada anak yang disadari, segera temui dokter atau psikolog anak untuk evaluasi dan pengobatan yang tepat karena Anoreksia pada anak sebenarnya dapat dicegah dengan cara yang tepat.

 

Baca Juga: Korban Body Shaming? Baca Ayat Ini!

 

Meskipun tidak ada ayat khusus dalam Alkitab yang membahas tentang anoreksia, tetapi ada beberapa ayat yang dapat membantu orang tua dalam mengasuh anak-anak mereka dengan bijak dan menciptakan lingkungan yang positif bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang. Seperti ada tertulis di Amsal 22:6, yaitu “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya mendidik anak-anak sejak dini dalam membangun pola hidup yang sehat dan positif. Orang tua perlu memperhatikan perilaku makan anak mereka dan membangun pola makan yang sehat dan positif sejak dini. Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh menjadi dewasa yang memiliki pola makan yang sehat dan positif, sehingga mencegah risiko terkena anoreksia pada masa depan.

Halaman :
1

Ikuti Kami