Pesan Paskah dari Keuskupan Agung Jakarta “Peran Serta Kita Dalam Kesejahteraan Bersama”
Sumber: Sesawi.net

News / 9 April 2023

Kalangan Sendiri

Pesan Paskah dari Keuskupan Agung Jakarta “Peran Serta Kita Dalam Kesejahteraan Bersama”

Lori Official Writer
1499

Keuskupan Agung Jakrta (KAJ) menyampaikan pesan Paskah 2023 kepada umat Katolik di Indonesia untuk menyadari perannya di dalam menciptakan kesejahteraan bersama. Adapun pesan Paskah yang dibagikan mengangkat tema “Peran Serta Kita Dalam Kesejahteraan Bersama”. 

Melalui pesan ini, KAJ menyoroti pergeseran kebiasaan hidup, terutama anak-anak muda yang lebih suka mengurung diri dengan dunia online dan tidak suka bersosialisasi dengan dunia luar. 

“Di masa-masa sekarang ini banyak sekali yang terjadi di kalangan umat, terutama anak-anak muda, banyak yang tidak melakukan sosialisasi karena terkukung dengan dunia online,” ungkap Humas Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Susyana Suwadie.

 

Baca Juga: Inilah Tema Paskah PGI 2023, Begini Makna Ayatnya

 

Fenomena ini, menurut KAJ, harus terus digaungkan sama seperti tahun sebelumnya uang mengingatkan umat Katolik untuk terbebas dari kebiasaan mengisolasi diri tersebut dan mau bergerak untuk proaktif melakukan berbagai kebaikan bagi sesama makhluk ciptaan Tuhan.

“Tema Paskah ini mengajak agar umat Kristiani untuk lebih mengasihi, lebih peduli dan lebih bersaksi dengan melaksanakan titik berat di tahun ini adalah bagaimana peran serta seluruh umat untuk diajak dalam hal kesejahteraan bersama,” ungkapnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kardinal Ignatius Suharyo menyampaikan bahwa perayaan Paskah adalah buah utama dari kebangkitan Kristus. Kebangkitan Kristus mengubah hidup murid-murid Tuhan Yesus (Yohanes 20: 8). Ia menegaskan bahwa pengalaman yang sama juga harus dirasakan umat Tuhan di zaman ini bahwa semua orang sudah “dibangkitkan bersama dengan Kristus” (Kolose 3: 1) dan konsekuensinya adalah mencari dan memikirkan perkara yang di atas (Kolose 3: 1).

Melalui pesan ini, Kardinal Ignatius menekankan bahwa umat Tuhan perlu hidup menjadi seperti Kristus. Sebab Tuhan Yesus hidup bukan untuk dirinya sendiri dan Dia suka berkeliling sembari berbuat baik kepada orang lain.

“Sangatlah penting diperhatikan, pada lilin Paskah selalu tertulis tahun ketika Paskah itu dirayakan, tahun ini tertulis tahun 2023. Maksudnya perayaan Paskah mesti mempunyai makna dan pesan yang relevan untuk tahun ini. Sementara itu, “berbuat baik” yang dilakukan Yesus mempunyai makna yang sangat luas,” tegasnya.

 

Baca Juga: Inilah Tema Paskah PGI 2023, Begini Makna Ayatnya

 

Menurutnya, penting bagi umat Tuhan untuk merenungkan kembali perbuatan baik apa yang harus dilakukan bagi sesama? Dan pesan bahwa “Yesus berkeliling sambil berbuat baik…karena Allah menyertai Dia.”, harus menjadi tindakan nyata.

Pesan Kardinal Ignatius menekankan pentingnya untuk bebas dari fokus diri sendiri, bebas dari mengurung diri di dunia online dan keluar melakukan kebaikan bagi sesama.

Semoga pesan ini mejadi pengingat bagi kita untuk meneladani keunikan pribadi Yesus yang selalu ingin dekat dengan semua orang dengan cara yang sangat nyata yaitu berkeliling dan melakukan kebaikan. Selamat Paskah untuk kita semua.

Tuhan Yesus Memberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami