3 Cara Tepat Si Introvert Hadapi Pasangan Ekstrovert
Sumber: aspirasiku.id

Marriage / 3 April 2023

Kalangan Sendiri

3 Cara Tepat Si Introvert Hadapi Pasangan Ekstrovert

Bella Tiurma Official Writer
2002

Setiap manusia diciptakan seturut dan serupa dengan Allah, dengan keunggulan dan keunikan yang berbeda. Dalam suatu hubungan pernikahan, perbedaan yang dimiliki dari setiap orang dapat menimbulkan sebuah tantangan dalam hubungan tersebut. Perbedaan pola pikir, tingkah laku, hingga mengambil keputusan pada kenyataannya tidak akan selalu sama. 

Setiap perbedaan yang ada, terkadang bisa membuat seseorang merasa frustasi. Namun, dengan perbedaan dapat membuat setiap pasangan menjadi kuat karena saling melengkapi dan memahami. Seperti halnya seseorang yang introvert mendapat pasangan yang ekstrovert yang menjadi satu, mereka tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Tidak ada yang lebih baik ataupun lebih buruk, namun mereka memiliki perbedaan. Dengan saling menerima perbedaan dan menghargai, setiap pasangan yang memiliki kepribadian yang berbeda tentu dapat saling melengkapi dan memberikan kekuatan.

Baca Juga : Beda Cara Extrovert dan Introvert Hadapi Kebosanan di Rumah, Kamu Tipe yang Mana?

Ketika anda seorang introvert yang memerlukan waktu untuk bisa bersosialisasi dengan banyak orang baru, dan diperhadapkan dengan pasangan yang memiliki pribadi ekstrovert, simak 3 cara dibawah ini untuk bisa menerima pasanganmu yang ekstrovert. 

1. Kompromi dan Komunikasi Adalah Kuncinya 

Dalam hubungan pernikahan, tentu memiliki sebuah kompromi dan penerimaan dengan apa yang menjadi keputusan bersama. Seperti halnya ketika setiap orang introvert biasanya hanya ingin memiliki banyak waktu untuk sendiri karena dirinya membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat. Namun hal ini tidak akan bisa bekerja pada seseorang yang memiliki pribadi ekstrovert, karena dirinya memiliki penjadawalan tersendri untuk bersosialisasi dengan banyak orang. 

Ketika kedua orang yang memiliki perbedaan kepribadian ini bersatu menjadi sepasang suami istri, dengan mengkompromikan dan mengkomunikasikan dapat menumbuhkan rasa saling menghargai. Sehingga apapun keputusan yang akan dikerjakan dapat saling menerima dan mendukung. 

Setiap pasangan dapat melakukan sebuah komunikasi mengenai apa yang dilakukan untuk menghabiskan waktu luang dan memenuhi kebutuhan satu sama lain. Dengan saling mengerti dan memahami kebutuhan pasangannya, merupakan cara untuk menunjukkan kasih Allah. Bukan hanya kita melakukan apa yang mereka perlukan, tetapi saling membantu untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga : Saling Melengkapi, Ini 4 Alasan Pasangan Introvert-Ekstrovert Akan Jadi Orangtua Terbaik

2. Mencintai Tuhan 

Kedekatan setiap pasangan dengan Tuhan dan belajar lebih mengenal Tuhan melalui doa dan pemahaman Alkitab, dapat membuka hati setiap orang untuk dapat menerima pasangannya. Karena setiap orang percaya bahwa hanya Tuhan yang dapat mengubah hati manusia.  

Bawa setiap kekhawatiran yang ada di dalam hati setiap pasangan, karena dengan kita menyerahkan segalanya didalam Tuhan, Ia dapat memberikan jalan untuk kita dapat menyelesaikannya. Tuhan memiliki cara untuk menaruh sesuatu di hati seseorang jika setiap orang dapat terbuka untuk mendengarkan-Nya. 

Seperti yang tertulis dalam Matius 22 : 37 “Jawab Yesus kepadanya: “Kasihanilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.”. Ketika kita dapat mengasihi Tuhan, Ia dapat membantu setiap pasangan untuk menyelaraskan hidupnya. 

Tuhan telah memperlengkapi setiap manusia untuk saling melengkapi ditengah perbedaannya. Sehingga perbedaan yang dimiliki setiap pasangan dapat saling menghargai dan diterima, akan membuat menjadi pasangan yang kuat. 

3. Menghargai Kekuatan Pasangan 

Seorang yang introvert akan merasa kewalahan untuk menangani situasi yang melibatkan banyak orang. Namun, ketika dipersatukan oleh Tuhan dengan pasangan yang ekstrovert, akan memberikan banyak kekuatan bagi pasangannya. Dalam situasi ini, dengan kekuatan yang diberikan akan dapat membantu pasangannya untuk melewatinya. 

Tuhan membuat setiap orang berbeda dan memiliki keunikan khusus disetiap pribadi. Perbedaan yang ada akan memicu berbagai tantangan di dalam setiap hubungan pernikahan. Sehingga memerlukan kerjasama antara suami istri untuk dapat saling menerima dan menghargai perbedaan yang ada. Memutuskan untuk mencintai perbedaan suami atau istri adalah sebuah keputusan yang baik. Sehingga setiap pasangan dapat berfokus untuk bekerjasama menciptakan perbedaan menjadi rumah yang indah. 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami